Dinas PUPR Kota Bima Gelar Pelatihan KSM DAK Sanitasi
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Dinas PUPR Kota Bima Gelar Pelatihan KSM DAK Sanitasi

Minggu, 22 April 2018


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bima melalui Bidang Cipta Karya, pagi ini Senin (23/4) menggelar Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) DAK Sanitasi tahun anggaran 2018. Acara yang digelar di SMKN 2 Kota dihadiri 56 orang pengurus KSM se  Kota Bima.

Ketua Panitia sekaligus Kasi Penyehatan Lingkungan Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Bima, A. Faruk, ST menyampaikan terima kasih kepada pengurus KSM yang bisa mengikuti pelatihan ini, semoga selama dua hari ini bisa diikuti dan dilaksanakan dengan penuh konsentrasi, agar ilmu tentang sanitasi ini bisa dipahami oleh pengurus KSM, ungkapnya.

Kepala Dinas PUPR yang diwakili Kepala bidang cipta karya, Ririn Kurniawati, ST, MT menyampaikan bahwa pelatihan KSM ini adalah rangkaian program sanitasi  yang dilaksanakan, setelah sebelumnya kita telah memfasilitasi terbentuknya KSM melalui Rembug warga, dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak, dan saat ini pelatihan KSM, pelatihan ini bertujuan untuk membekali ilmu dalam pelaksanaan program sanitasi kedepannya. Diharapkan pelatihan ini bisa diikuti secara seksama. Ririn juga menyampaikan, bahwa program sanitasi ini bersumber dari dana DAK Sanitasi Kota Bima, menurutnya, bahwa program sanitasi ada 4 macam, yakni limbah, IPAL, persampahan, dan drainase.

Ririn juga menjelaskan bahwa tujuan sanitasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan akses sanitasi bagi masyarakat, menurutnya, target 2019 kita akan menuntaskan angka 100 persen program sanitasi, untuk menuntaskannya kita masih butuh biaya 20 milyar. Sementara tahun 2018 ini dialokasikan senilai 9 milyar. Mudah mudahan target 100 persen tercapai di 2019. Ririn menyampaikan untuk program sanitasi melalui DAK sanitasi akan dicairkan 3 tahap, yakni Tahap I 25 Porsen, tahap II 45 porsen dan tahap III 30 porsen, tutupnya. (Sukur Bima)