GM PT. PLN NTB Tinjau PLTU dan PLTMG di Bonto
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

GM PT. PLN NTB Tinjau PLTU dan PLTMG di Bonto

Jumat, 13 April 2018



Kota Bima, koranlensapos.com***Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap energi listrik, memaksa PT. PLN (Persero) untuk terus membangun jaringan kelistrikan dan Pembangkit Listrik di berbagai tempat. Saat ini Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan yang terbaru Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas (PLTMG) sedang dibangun di Bonto Kelurahan Kolo Kota Bima. Rencananya PLTMG akan beroperasi dibulan September 2018, setelah sebelumnya dibangun Juni 2017 lalu. Untuk memastikan kedua pembangkit listrik raksasa yang sedang dibangun tersebut, General Manager (GM) PT. PLN (Persero) Wilayah NTB, Ir. H. Muhtar melakukan kunjungan (Site Visit) di Lokasi yang sedang dibangun.


Peninjauan PLTU dan PLTMG Bonto ini merupakan rangkaian kunjungan GM. PT. PLN (Persero) Wilayah NTB di Bima, setelah pagi harinya menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Ikatan Keluarga Pensiunan Listrik Negara (IKPLN) Cabang Bima. Site Visit GM PLN NTB di PLTU dan PLTMG Bonto didampingi  Manager PLN Area Bima, Manajer UPP Sumbawa, Manajer Proyek PLTU Bonto, Manajer PLTD Bima Sektor Tambora, Asisten Manajer Jaringan Area Bima dan Asisten Manajer Pelayanan & Administrasi Area Bima.


GM PT. PLN (Persero) Wilayah NTB, Ir. H. Muhtar berharap PLTU dan PLTMG di Bonto segera beroperasi. Menurutnya, PLN menargetkan peningkatan pemerataan penyaluran listrik untuk Provinsi NTB mencapai 100 persen. Untuk itu PLN terus memacu pembangunan pembangkit-pembangkit listrik, salah satunya di Bonto Kota Bima, sehingga kebutuhan listrik di Bima dan sekitarnya bisa terpenuhi. "Kita harus bisa mempersiapkan ketersediaan daya listrik yang cukup dari sekarang, jadi kalau industri masuk kita sudah siap," kata Muhtar.


Disamping itu menurut Pria bersahaja ini, dengan adanya penambahan daya dan ketersediaan listrik yang cukup, tentu saja akan mendorong perkembangan investasi, karena energi listrik menjadi kebutuhan utama bagi suksesnya pembangunan saat ini, Muhtar menambahkan, Pembangunan PLTMG di Bonto ini juga bertujuan untuk menyediakan suplai energi listrik dalam kebutuhan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Provinsi NTB pada umumnya.


Menurutnya, hadirnya PLTMG nantinya akan mendukung perkembangan pariwisata dan pengembangan ekonomi di Bima, disamping itu akan memberikan dampak positif seperti tersedianya kesempatan kerja yang akan menyerap tenaga lokal yang ada, memberikan kesempatan usaha bagi masyarakat sekitar seperti penyediaan berbagai kebutuhan mulai dari tempat tinggal (pemondokan), tempat usaha (kios dan warung), dengan demikian perekonomian masyarakat sekitar diharapkan dapat tumbuh dengan lebih baik. “Setelah pembangkit mulai beroperasi, ketersediaan energi listrik yang cukup dan andal akan menarik banyak investor yang akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan rasio elektrifikasi, mengurangi penggunaan BBM serta meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak,” tutup H. Muhtar. (Sukur Bima)