Bupati Bima Hadiri Wisuda 150 Siswa PAUD di Madapangga
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Arsip Blog

Bupati Bima Hadiri Wisuda 150 Siswa PAUD di Madapangga

Rabu, 16 Mei 2018

Bima, Lensa Post NTB - Bupati Bima, Hj.Indah Dhamayanti Putri menghadiri wisuda anak-anak PAUD se Kecamatan Madapangga, selasa (15/5) di GSG Desa Dena Kecamatan Madapangga. Dalam arahannya Bupati menyampaikan bahwa keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) memiliki peran penting untuk masa depan generasi penerus. Hal ini, menurut Bupati, dikarenakan Anak-anak merupakan generasi emas masa depan bangsa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, sehingga begitu penting mereka dalam rangkaian kelangsungan tradisi suatu bangsa. Karena itu, perkembangannya dari mulai lahir hingga memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan, sekaligus masa krisis dalam tahap kehidupan manusia yang menentukan perkembangan anak. Pembangunan bangsa memerlukan pondasi yang sangat kuat, pondasi itu harus dibangun secara bertahap, dibangun secara hati-hati agar tidak terjadi keretakan sehingga bangunan itu menjadi kuat dan kokoh. Kita semua berharap pondasi yang kuat dan kokoh akan dapat tertanam pada anak-anak bangsa ini, yang kelak dikemudian hari akan menjadi generasi penerus yang cerdas dan bertanggungjawab, dengan generasi yang cerdas dan bertanggungjawab akan mengantarkan bangsa ini ke kehidupan yang lebih baik dan sejahtera serta berakhlakul karimah, berbudi pekerti luhur, dan sehat lahir batin.


Oleh karena itu, tambah Bupati, perhatian dan kepedulian orang tua, para guru terhadap pendidikan anak memegang peranan penting, kemampuan orang tua dalam mendidik dan mengarahkan anak sangat mempengaruhi bagi tumbuh kembang potensi bakat dan kecerdasan, saya yakin proses Pendidikan usia dini merupakan landasan bagi pembentukan atau bekal menuju pendidikan. Lebih lanjut, Wisuda dan pelepasan peserta Didik PAUD ini merupakan salah satu fase atau rangkaian perjuangan panjang menyelesaikan Pendidikan pada tingkat Anak Usia Dini dalam melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sekaligus menentukan kualitas anak-anak bangsa karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang sangat diharapkan sehingga kesuksesan dalam mendidik anak merupakan tanggung jawab bersama semua pihak baik itu lembaga pendidikan, orang tua hingga pemerintah sehingga kolaborasi pembentukan generasi berkualitas dapat terwujud.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri berharap dengan dilaksanakanya wisuda ini kedepanya para anak yang telah menyelesaikan pendidikan dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dalam meraih cita – cita mereka sekaligus menciptakan generasi emas penerus masa depan bangsa. Menurut Plt. Kepala Dinas Pendiddikan dan Kebudayaan Kabupaten Bima H. Mar’uf,SE juga menyampaikan bahwa keberadaan PAUD ini sebagai suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak dini yang dilakukan melalui pemberian rangsangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan dasar dan kehidupan tahap selanjutnya . Seluruh aspek perkembangan anak dikembangkan melalui program PAUD ini dalam aktivitas belajar yang menyenangkan karena dilaksanakan dalam kegiatan bermain. Aspek perkembangan sebagai potensi bawaan anak tidak akan berkembang tanpa stimulasi dari orang tua di rumah dan pendidik anak di sekolah. Imbuhnya.
Berdasarkan data yang terhimpun bahwasanya keberadaan Lembaga PAUD berjumlah 687 lembaga PAUD. Sementara itu PAUD yang masuk dalam DAPODIK sebanyak 572 lembaga sedangkan 115 lembaga PAUD lainnya masih dalam proses pembinaan ( verivikasi factual). Oleh karna itu dengan adanya wisuda bagi anak – anak PAUD se – Kecamatan Madapangga ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengakhiri masa kependidikan mereka dalam Lembaga PAUD serta dapat melanjutkan tongkat estafet pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Imbuhnya. Sementara itu jumlah peserta PAUD yang melaksanakan wisuda ini sebanyak 150 peserta PAUD yang berada di wilayah kecamatan Madapangga tersebut dengan harapan semoga dengan diwisuda ini maka generasi penerus masa depan bangsa bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi dalam meraih cita – cita mereka. Momentum ini ditandai dengan prosesi wisuda yang dilakukan anak – anak peserta PAUD yang berada di wilayah kecamatan Madapangga. Ujarnya. (LP.NTB/ Hum)