Kasad TNI - AD Siap Wujudkan Batalyon di KSB
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Kasad TNI - AD Siap Wujudkan Batalyon di KSB

Jumat, 04 Mei 2018

Taliwang KSB, Lensa Post NTB -  Kepala Staf TNI-AD (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menegaskan kesiapannya mewujudkan pembentukan Batalyon TNI AD di Kabupaten Sumbawa Barat.Kesiapan Jenderal bintang empat di pundaknya ini diucapkan setelah bersalaman bersama dengan Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M, Anggota DPR RI H. Syafruddin, Wakil Bupati Fud Syaifuddin, S.T, Ketua DPRD KSB M. Nasri, S.T., M.M, Sekda KSB H. Abdul Azis, M.M sejumlah kepala OPD, Kepala Bagian Humas dan Protokol dan imam masjid Agung Darussalam. ”Kalau sudah begini tidak ada alasan lagi untuk tidak mewujudkan Batalyon di KSB, insyaallah kita siap mewujudkan,” kata Kasad usai bersalaman bersama Bupati, Wakil Bupati dan pejabat lainnya.Kesiapan Kasad tersebut juga menjawab komitmen Pemerintah KSB yang mengharapkan dibentuknya Batalyon TNI seperti diungkapkan Bupati pada acara tasyakuran peresmian Kodim 1628/Sumbawa Barat. acara yang digelar di lapangan depan  Masjid Agung kompleks KTC ini dihadiri ribuah warga KSB. hadir pula anggota DPR RI H. Syafruddin asal NTB, pejabat Mabes TNI-AD, Pangdam, Danrem 162/WB, Danrem  NTT 161/WS, Wakil Bupati, Ketua DPRD KSB dan pejabat Pemerintah KSB, Dandim se-NTB. Dalam kegiatan ini, Kasad juga berkesempatan memberikan 1.586 paket sembako secara simbolis kepada warga miskin KSB.

Kasad, Jenderal TNI Mulyono dalam pidatonya saat tasyakuran peresmian Kodim 1628/Sumbawa Barat sebelum melaksanakan sholat dzuhur mengatakan, awalnya penutupan TMMD adalah di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara karena dukungan Pemerintah Daerahnya senilai Rp. 3 miliar lebih. Sementara di KSB hanya Rp. 1,7 miliar. Namun ternyata ada kado yang begitu besar di KSB, yakni lahan dan bangunan Kodim 1628/Sumbawa Barat. Kemudian lahan seluas 40 hektar yang diniatkan untuk pembentukan Batalyon. Kasad pun mengamini akan mewujudkan Bataliyon di KSB. terlebih komitmen Pemerintah Daerah sangat kuat dengan penyediaan lahan seluas 40 hektar. ”Lahan Kodim sudah dikasi, Bangunan sudah ada, kalau lahan Batalyon disediakan ya bangunannya juga, baru kita resmikan lagi, insyallah akan kita tindak lanjuti,” kata Kasad.
Bupati Sumbawa Barat, komitmen mendukung pembentukan Batalyon di KSB merupakan komitmen bersama Ketua DPRD KSB. Dalam acara ini pun, Bupati menyerahkan surat komitmen bersama pembentukan Bataliyon berupa penyediaan lahan seluas 40 hektar kepada Kasad. Selain itu, Bupati juga menyerahkan surat hibah lahan dan bangunan termasuk sertifikat lahan Kodim 162/Sumbawa Barat yang memiliki luas 6,7 hektar. ‘’Kodim, dan lahannya, kemudian lahan Batalyon satu paket, satu paket juga dengan KSB dan rakyat KSB bagian NKRI harga mati,” kata Bupati.
Bupati menambahkan, kegiatan TMMD telah membangun karakter kemandirian masyarakat. Khusus di KSB karakter masyarakatnya adalah IJS atau Ikhlas, Jujur, Sungguh-Sungguh. TMMD telah menyatukan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat, bersatu padu dalam kerja bersama guna mencapai tujuan masyarakat yang sejahtera. ‘’Alhamdulillah hadir juga bersama kita di sini warga miskin sebanyak 1.586 kepala keluarga yang akan menerima paket sembako,”ungkap Bupati.
Usai sholat dzuhur berjamaah, kegiatan dilanjut dengan makan siang bersama. Suasana kekeluargaan sangat kental pada kedatangan Kasad di KSB ini. Untuk diketahui, lahan seluas 40 hektar yang disediakan Pemerintah KSB sebagai lokasi pembentukan Batalyon terletak di Desa Kertasari Kecamatan Taliwang. Lahan ini berada di pinggir jalan lingkar barat KSB dan langsung berhadapan ke Selat Alas. Sebelah utara lahan ini juga terdapat PLTU Kertasari. Sementara sebelah selatannya adalah pemukiman warga yakni Lingkungan Parjuk Desa Batu Putih. (Tim KSB/Hum)