Rabu Depan, Wakapolri Resmikan Polda NTB Jadi Tipe A
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Arsip Blog

Rabu Depan, Wakapolri Resmikan Polda NTB Jadi Tipe A

Jumat, 25 Mei 2018

Polda NTB
Mataram, Lensa Post NTB - Wakapolri, Komisaris Jendral Polisi Drs. SyafruddinS, M.Si dijadwalkan akan meresmikan Kepolisian Daerah (Polda)  NTB dari Tipe B menjadi Tipe A, kejelasan ini disampaikan Wakapolda NTB, Kombes Pol Drs. Tajuddin, M.H. menurut Wakapolda NTB, ada 4 Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia yang akan naik status dari Tipe B menjadi Tipe A. yaitu Polda Jambi, Kalsel, Kalteng dan NTB," katanya di Mataram, Kamis (24/5). "Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Syafruddin, M.Si akan berada di Mataram hari rabu (30/5), sekaligus akan menjadi Inspektur Upacara Peresmian peningkatan Polda NTB , dari Tipe B menjadi Tipe A yang digelar di Jalan Gajah Mada Polda NTB, jelasnya. 

Diketahui ada tiga jenis tipe polda yakni Tipe A-K (A+), Tipe A dan Tipe B. Tipe A-K (A+) hanya dimiliki oleh Polda Metro Jaya. Sementara itu,  Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan penaikan status sudah diurus sejak lama.
"Menaikkan tipe sebuah Polda, lanjutnya,  harus melalui pengecekan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)," Dalam pengecekan tersebut, lanjut Setyo, KemenPAN-RB bakal melihat pelayanan masyarakat keempat Polda. Pelayanan jadi salah satu poin kelayakan untuk ditingkatkan menjadi tipe A."Selain itu, penilaian juga dilakukan terkait dengan eskalasi ancaman, luas wilayah, dan jumlah penduduk," tutup dia. 

Untuk diketahui, jika Polda tipe B dipimpin perwira Polisi berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi, sedangkan Polda tipe A akan dipimpin perwira tinggi polisi berbintang dua, yakni Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi. (Tim Lensa Post NTB)