Workshop KPI Dompu Berlangsung Sukses
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Workshop KPI Dompu Berlangsung Sukses

Senin, 07 Mei 2018

Dompu, Lensa Post NTB - Koalisi Perempun Indonesia (KPI) Cabang Dompu, Senin (7/5) di Gedung PKK Dompu menghelat kegiatan Workshop  yang bertema "Pekawinan Anak dan Potensi Gagalnya Perjuangan Kartini serta Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Dompu, Muhammad Ikhsan, S. Sos. Ikhsan mengawali sambutannya dengan melantunkan lagu Mother How Are You Today maywood yang disambut dengan aplaus para peserta workshop yang didominasi kaum hawa itu.
Selanjutnya politisi Nasdem ini menjelaskan bahwa agama pada hakikatnya membawa konsep-konsep pemberdayaan bagi perempuan konsep persamaan gender. Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan perempuan memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional. "Terbukti program-program bagi pemberdayaan perempuan tetap dituangkan dalam rencana pembangunan  baik jangka menengah maupun jangka panjang, baik nasional maupun di daerah," paparnya.
Sementara itu, Sekretaris Cabang KPI Dompu, Darmawati Ningsih, SE dalam laporannya mengemukakan ikrar untuk menunda usia perkawinan bukankah larangan bagi remaja untuk menikah di usia yang diinginkan secara Undang-Undang, akan tetapi dimaksudkan untuk mengajak para remaja agar mengoptimalkan usia mudanya untuk mencapai prestasi, berkreasi dan berinovasi.Hal itu untuk mewujudkan generasi muda potensial yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, selaras dengan visi Kabupaten Dompu "Mewujudkan Masyarakat Dompu yang Mandiri dan Religius"."Misi KPI yang utama adalah pencegahan dan penghapusan perkawinan anak agar anak-anak kita lebih memiliki sumber daya yang berkualitas," kata Ningsih.
Kegiatan
 WorkShop Terkait “Perkawinan Anak dan Potensi Gagalnya Perjuangan Kartini Serta Pencapaian 8 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” ini berisi pemaparan materi oleh sejumlah narasumber. Dian Aryani, Presidium Nasional (Presnas) KPI  menyampaikan materi berjudul “Perkawinan Anak dan TPB”, Sedangkan Presidum Wilayah KPI NTB, Astuti Maryani membawakan materi “Perkawinan Anak di NTB”, dan

Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Drs. H. Abdul Haris, M. Ap tentang “Program dan Alokasi Anggaran Pemda untuk Pencegahan dan Penghentian Perkawinan Anak” yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dipandu oleh Sekwil KPI NTB, Sherly Ester Sembiring.Kegiatan Workshop KPI Cabang Dompu ini akan dilanjutkan dengan Lomba Cerdas-Cermat tentang TPB yang akan diikuti oleh peserta dari 10 kabupaten/kota di NTB pada Selasa (hari ini,red). (Emo)