2 Remaja Ikrarkan Suara Anak Dompu 2018
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

2 Remaja Ikrarkan Suara Anak Dompu 2018

Senin, 13 Agustus 2018

Dompu, Lensa Post NTB - Salah satu rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 34 tahun 2018 di Kabupaten Dompu adalah pembacaan Suara Anak Indonesia 2018 dan Suara Anak Dompu 2018 yang dibawakan oleh 2 remaja dari Forum Anak Dompu. Keduanya adalah Nurauhan Rahmad (Ketua Forum Anak Kabupaten Dompu dan Duta Anak Provinsi NTB Tahun 2017) dengan Nur Marsha Ivandy (Duta Anak Provinsi NTB Tahun 2018). Dengan lantang kedua remaja putra dan putri yang merupakan pelajar SMA ini membacakan 10 suara anak Indonesia dan 6 poin suara anak Dompu.

Isi 10 Suara  Anak Indonesia antara berharap pemerintah melibatkan anak dalam Musrenbang,  memudahkan pelayanan akta kelahiran di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (T3), mengajak kepada keluarga untuk meningkatkan pengasuhan terhadap anak dan melakukan pengawasan terhadap tayangan yang tidak layak; memohon pemerintah menyelaraskan peraturan perundang-undangan mengenai batas minimal usia perkawinan, membatasi penggunaan plastic sekali pakai dan mendayagunakan sampah plastic untuk didaur ulang di Indonesia, menyediakan fasilitas kebudayaan agar anak Indonesia dapat melestarikan nilai-nilai budaya, serta mendukung pemerintah dalam program wajib belajar 12 tahun.

Sedangkan 6 poin suara anak Dompu  antara lain pengendalian terhadap peredaran segala bentuk zat adiktif, narkoba, obat psikotropika serta melindungi anak dari iklan, promosi, sponsor dan asap rokok, meminta agar seluruh lapisan mulai dari keluarga, lingkungan dan masyarakat mengakui hak-hak partisipasi, mendengar aspirasi dan berlaku ramah terhadap anak dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, dan menolak dengan tegas segala bentuk kekerasan dan pelecehan yang dapat merusak mental, psikis dan masa depan anak. (LP.NTB/ Emo Dompu)