Kabag SDA Ajak Lestarikan Hutan dan Lindungi Mata Air
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Kabag SDA Ajak Lestarikan Hutan dan Lindungi Mata Air

Kamis, 02 Agustus 2018

Drs. H. Zainuddin, MM
Kabag SDA Setda Kabupaten Bima
Bima, Lensa Post NTB - Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupaten Bima, beberapa waktu lalu menggelar Rapat Koordinasi Kerusakan Hutan dan Lingkungan Hidup, yang dipimpin langsung Sekda Kabupaten Bima, Drs. H. Taufik H.AK, M.Si. Dalam agenda tersebut ada 14 poin yang menjadi atensi untuk dilaksanakan bersama.

Diruang kerjanya pagi ini, jumat (3/7/2018) Kepala Bagian SDA Setda Kabupaten Bima, Drs. H. Zainuddin, MM membeberkan ada beberapa poin yang menjadi skala prioritas antara lain Pendataan terhadap sumber mata air yang ada di kabupaten bima, H. Zainuddin juga menjelaskan bahwa pendataan tersebut tidak menggunakan sistim manual, melainkan melalui sistim digitasi, dengan demikian akan mempermudah pendeteksian debit mata air di beberapa titik di Kabupaten Bima. Saat ini menurutnya, sudah diuji coba di wilayah kecamatan, Donggo, Soromandi, Sanggar dan Ambalawi.

Selanjutnya, poin kedua yang berkaitan dengan beberapa Desa di Kabupaten Bima Untuk melaksanakan pengadaan bibit, penanaman dan pemeliharaan di lahan kritis dan sumber mata air yang kurang yang dianggarkan melalui ADD dengan regulasi yang ada.

Untuk poin ketiga agar tetap mensosialisasikan tentang pelestarian hutan dan melindungi sumber mata air di Kabupaten Bima.  Selanjutnya Masalah penerbitan SPPT disamping rekomendasi Kades dan camat juga harus ada rekomendasi KPH, karena yang lebih paham tentang  tanah tutupan negara dan hutan lindung.

Untuk itu, menurut mantan Camat Palibelo ini berharap Kerjasama Dinas pertanian dan perkebunan , Dinas LH, Bappeda, KPH, Ia mengajak mari kita mempertahankan hutan yang ada jangan lagi merusak hutan karena kasihan anak cucu kita, terutama generasi muda mari gemar menanam dimanapun tempatnya, dan tidak membabat hutan, dan mohon dukungan semua pihak, dalam rangka memantapkan visi Bima Ramah, tutupnya. (LP/Sukur)