OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat NTB di Kota Bima
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat NTB di Kota Bima

Sabtu, 27 Oktober 2018


Kota bima, lensa post ntb - ​​ Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hari ini, sabtu (27/10/2018) menggelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) Nusa Tenggara Barat yang dipusatkan dilapangan Serasuba Kota Bima. Acara  yang dihadiri langsung Kepala OJK Mataram, Farid Falatehan, dihadiri Pimpinan Perusahaan Perbankan dan Pelaku Usaha di Bima. Kegiatan ini merupakan bagian dari tujuan OJK memberikan edukasi produk jasa keuangan atau literasi keuangan. OJK beralasan selama ini produk jasa keuangan masih belum otimal diserap dan diketahui oleh masyarakat khususnya layanan dan produk keuangan yang bersifat mikro.
Ketua Panitia PKR yang juga Pimpinan PT. Bank BRI cabang Bima, Abdul Muin dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Perbankan dan Pelaku usaha di Bima khususnya dan NTB pada umumnya yang telah ikut berpartisipasi dalam mengikuti Pasar Keuangan Rakyat (PKR) Nusa Tenggara Barat di Kota Bima. menurutnya untuk mempercepat penyebaran layanan dan produk jasa keuangan, OJK mendorong program edukasi hingga perluasan akses.


Sementara itu, Kepala OJK NTB, Farid Falatehan, menjelaskan tentang peran penting dari akses dan ketersediaan produk jasa keuangan bagi perekonomian. Pemahaman hingga penggunaan produk jasa keuangan ternyata memiliki peran terhadap pertumbuhan ekonomi dan stabilitas ekonomi makro. Menurutnya ada 2 hal yang menjadi kendala utama dan sangat  mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas makro. Pertama rendahnya pemahaman terhadap produk jasa keuangan. Kedua ialah rendahnya penggunaan jasa atau produk keuangan," katanya. Lanjut farid, bahwa Pasar Keuangan Rakyat merupakan salah satu bentuk implementasi dan  Edukasi dengan model pasar keuangan rakyat yang merupakan upaya OJK untuk mempertemukan dan mendekatkan Sektor Jasa Keuangan kepada masyarakat yang selama ini belum tergerak untuk mengetahui mengenai sektor jasa keuangan. Diharapkan dengan kegiatan ini akan muncul keinginan untuk memiliki produk keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa yang akan datang, jelas Farid. 
Pada acara Pasar Keuangan Rakyat  NTB di Kota Bima, hadir antara lain Kepala PT. Bank NTB Syariah Cabang Bima I Nyoman Mirka, Kepala PT. Bank BNI 46 Cabang Bima, Kepala PT. Bank BRI Cabang Bima, Kepala PT. Bank Mandiri cabang Bima, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, dan beberapa Bank-bank lain serta Pimpinan Perusahaan Swasta di Bima, termasuk Para Pelaku Usaha Mikro dan Makro di Bima. Rangkaian dari kegiatan PKR NTB di Kota Bima antara lain, Bazaar Produk Perbankan dan Perusahaan, Lomba Marching Band yang diikuti SD, SMP, dan SMA di Kota Bima. Donor darah dan pengundian door prize.  (LP.NTB/ Sukur)