Kisah Yayasan Cahaya Insan, Sembuhkan Ratusan Orang Gila
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Kisah Yayasan Cahaya Insan, Sembuhkan Ratusan Orang Gila

Senin, 24 Desember 2018


Bima, Lensa Post – Beberapa bangunan kecil-kecil yang berdiri diatas lahan kurang dari 10 Are, ternyata selama ini menyimpan sebuah cerita menarik sekaligus menyentuh hati bagi siapapun yang berkunjung kesana, itulah Yayasan Cahaya Insan yang berlokasi di Desa Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Meski kondisi bangunannya kurang bagus, namun tempat ini merupakan sejarah hidup dan pengalaman berharga, terutama bagi ratusan penderita gangguan jiwa atau orang gila yang telah sembuh dari penyakitnya, Ya...ternyata Yayasan Cahaya Insan merupakan tempat rehabilitasi dan karantina penderita gangguan jiwa alias gila. 

Pagi menjelang siang yang sangat cerah, senin (24/12/2018) sekitar pukul 11.20 Wita, beberapa awak media yang tergabung dalam Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Bima bersama Ketua DPW MOI NTB, Abdul Sukur, ST didampingi Babinsa Desa Rabakodo, Serma Sumardadi, mencoba menelusuri aktifitas Yayasan Cahaya Insan Desa Rabakodo. Kehadiran Tim Media bersama Babinsa disambut hangat Pimpinan Yayasan Cahaya Insan, Ustadz Muhdin Umar di halaman bangunan yang berukuran kecil dan tidak begitu bagus, ternyata itu adalah tempat tinggalnya bersama istri dan seorang buah hatinya. Dan yang lebih mengagetkan lagi, sekitar 11 orang yang ada dibilik bangunan lain ikut menyambut dengan senyuman sinis, ada yang menyambut dengan olah raga, bahkan ada yang tertawa tanpa jelas, ternyata mereka sedang mengalami gangguan jiwa alias gila, yang sedang menjalani karantina disana.  

Tak ingin melewatkan kesempatan emas, beberapa wartawan mewawancarai Pimpinan Yayasan Cahaya Insan, Ust. Muhdin Umar seputar aktifitasnya selama ini. Ia menjelaskan jika Yayasan yang dipimpinnya telah berdiri sejak 14 tahun yang lalu atas inisiatifnya bersama istri tercinta. Yayasan ini merehabilitasi orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan, tutur Ust. Muhdin. Menurutnya, kami menggunakan Metode rehabilitasi sosial dengan basis penyembuhan melalui terapi spiritual dan religius, dan selama ini dinilai ampuh untuk mengatasi para penderita gangguan kejiwaan maupun para pecandu narkotika, bahkan telah ratusan orang yang telah sembuh setelah dikarantina dan direhabilitasi disini, ungkapnya.

Ust. Muhdin menambahkan, bahwa Yayasan yang dibukanya sejak tahun 2004 itu, telah berhasil menyembuhkan ratusan orang dengan gangguan jiwa dan Over dosis Narkoba dengan mengikuti program terapi, “Dan rata-rata pasien yang datang di Yayasan Cahaya Insan ini, yakni pasien yang di tolak oleh medis”, ungkapnya. Menurutnya, dominan Jenis penyakit jiwa yang dialami para pasien yang direhabilitasi disini, yakni disebabkan Narkoba dan masalah keluarga, tuturnya. Dalam pengobatan ini Ust. Muhdin Umar dibantu oleh istrinya.

Selain memberikan pengobatan dengan cara terapi juga dengan menggunakan obat herbal, “Hasil terapi menurut Ust. Muhdin berbeda pada masing-masing pasien. Ada yang sembuh hanya dalam waktu 1 minggu, ada juga yang sembuh selama satu bulan. Ini semua tergantung kejiwaan si pasien” Jelasnya. Ketika ditanya adakah dukungan dari pihak-pihak tertentu misalnya Pemerintah dan para donatur. Tak dipungkirinya bahwa ada pihak-pihak yang ikut menyumbangkan untuk kebutuhan yayasan ini. Ia juga menyebutkan bahwa bapak Ilham dari PKS telah membangun 1 lokal bangunan untuk penampungan pasien, juga baru-baru ini Bupati Bima juga telah berkunjung kesini dengan memberikan bantuan, ungkapnya. (TIM LENSA POST)