YPO Kamtesa, Hobi Berbuah Prestasi
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

YPO Kamtesa, Hobi Berbuah Prestasi

Bimabangkit.info
Selasa, 05 Maret 2019


Dompu, Lensa Post NTB - Kamtesa, nama yang masih asing bagi kalangan awam di Bumi Nggahi Rawi Pahu Kabupaten Dompu ini. Nama itu bukanlah nama sejenis  makanan atau nama tempat. Bukan pula nama orang. Tetapi Kamtesa adalah nama salah satu yayasan yang fokus membina anak-anak Dompu agar bisa bermain pingpong atau tenis meja. "Kamtesa itu singkatan dari Kalah Menang Tetap Sabar. Artinya kalau menang tidak jumawa (angkuh,red) kalau kalah tidak putus asa. Sportifitas dijunjung tinggi, " jelas Sekretaris Kamtesa, Khaeruddin, S. Ag. 

Yayasan Pendidikan Olahraga  (YPO) Kamtesa ini berlokasi di Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB. Dari club ini telah lahir bibit-bibit petenis meja yang berprestasi. Yang terakhir adalah Irfan Sulistiawan. Atlet usia 13 tahun ini berhasil menorehkan prestasi pada Jakarta Open 22 Pebruari 2019 dengan mendulang medali emas. Sebelumnya pada Kejurnas Tenis Meja yang digelar oleh PB PTMSI di Jakarta, 17 November 2018, putri cilik 13 tahun binaan Kamtesa, Wulan Komalasari berhasil memboyong medali emas. Sedangkan Irfan Sulistiawan meraih medali perunggu saat itu.

"Kami memulainya pada bulan Oktober tahun 2010 hanya untuk menyalurkan hobi saja," ungkap Dahlan, SH pendiri sekaligus pelatih tenis meja di Kamtesa mengisahkan awal mula pendirian club tenis meja itu. Pria berpostur jangkung ini  mengisahkan mulanya mendirikan club tenis meja hanya untuk penyaluran hobi. Tetapi lama kelamaan semakin banyak anggota  bergabung. "Pada tahun 2010 itu saya dipercaya membawa tim ke Porprov. Mulai saat itulah saya dikenal orang sebagai pelatih padahal saya ini bukan pelatih," ujar lelaki humoris yang familiar disapa Om Good (Om yang Baik) ini merendah.

Mantan atlet PON X Jakarta tahun 1981 dari cabang olahraga tenis meja mewakili Provinsi Irian Jaya (sekarang Papua) ini mengaku bahagia bisa menularkan sedikit ilmu pingpongnya kepada anak-anak muda di Kabupaten Dompu ini.  "Motto kami anak-anak bisa main tenis meja aja dulu. Masalah prestasi itu nanti," ujar Om Good. Selain Irfan Sulistiawan dan Wulan Komalasari,  beberapa tahun sebelumnya juga ada atlet tenis meja Dompu binaan Kamtesa. Di antaranya Ikbal Prabowo, Alamsyah dan Dedi Rafsanjani. (AMIN – TIM LENSA POST)