PMI Sumbawa Salurkan Bantuan Air Bersih Warga Mapin Kebak.


Petugas PMI Sumbawa salurkan Air bersih di desa Mapin Kebak
Sumbawa, Bimabangkit.com, -Petugas Palang Merah Indonesia (PMI ) Kabupaten Sumbawa Sedang Menyalurkan Air Bersih Bagi Warga Dusun sangkrang Desa Mapin Kebak. Petugas PMI bersama  Community Organizer ( CO) dan Komunitas Keluarga Buruh Migran ( KKBM) Desa Mapin Kebak pada kemarau Tahun 2019 disebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Sumbawa mengalami krisis air bersih.

Menurut Data  yang dihimpun oleh Palang Merah Indonesia  dari informasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa dan hasil penelusuran  tim Bimabangkit Biro Sumbawa, Fakta di lapangan ada 18 Kecamatan dan 43 Desa di Kabupaten sumbawa mulai dilanda kekeringan, kuat dugaan mengarah kepada krisis air bersih.

 Atas dasar rasa kepedulian, PMI sumbawa berupaya membantu mengatasi masalah yang kini menimpa warga tersebut. 

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I Palang Merah Indonesia Kabupaten Sumbawa sekaligus Koordinator WASH Palang Merah Indonesia Kabupaten Sumbawa, Andi Rusni, SE, MM saar dihubungi tim BimaBangkit.com  Senin ( 15/07/19 ).

Menurut Andes ( disapa dengan nama Andi Rusni, SE, MM, red ) PMI Sumbawa senantiasa berupaya membantu warga dengan terus  menjalankan program – program kemanusian demi membantu warga korban bencana alam. Selain itu juga PMI Sumbawa berupaya membantu Pemerintah   Kabupaten Sumbawa. 

Mengingat jika Pemerintah menanganinya  sendiri tentunya sangat terbatas, juga mengingat luasnya wilayah kabupaten sumbawa. Untuk itu PMI Sumbawa senantiasa mengambil peran-peran strategis demi membantu pemerintah daerah sebagaimana yang dimaksud  termasuk salah satunya adalah inisiatif PMI Sumbawa dalam hal penanganan warga korban kekeringan tahun tahun 2019 ini.

Selanjutnya Andes menjelaskan, PMI Sumbawa dalam menyalurkan bantuan air bersih ke beberapa titik krisis air bersih tahap awal ini adalah langkah PMI sumbawa dalam menindak lanjuti surat permohonan bantuan penyaluran air bersih yang masuk ke PMI dari Pemerintah Desa. 

Seperti halnya Desa Mapin Kebak Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa untuk tahap awal ini PMI sumbawa menyalurkan Empat Tangki Air Bersih ukuran 6000 Liter kepada Sekitar 200 Kepala Keluarga yang tersebar di Empat Dusun desa Mapin Kebak Kecamatan Alas Barat. Yaitu Dusun Sangkrang sebagai Sentral Krisis ditambah lagi sebagian di Dusun Jambu, Dusun Saketong dan di Kawasan simpang tano dusun ai jati. “ 

setelah dari mapin kebak ,PMI Sumbawa juga akan menyalurkan bantuan air bersih ke- wilayah- wilayah atau desa-desa yang mengalami krisis air bersih,tentunya berdasarkan surat dari pemerintah desa setempat yang masuk ke PMI Sumbwa “, Jelasnya

Ketika ditanya oleh tim Bimabangkit, mengenai agenda PMI Sumbawa Andes menerangkan, Pihaknya akan berusaha untuk berkoordinasi dengan Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten sumbawa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumbawa untuk melakukan upaya penanganan krisis air bersih yang melanda beberapa wilayah di kabupaten sumbawa saat ini. “ 

kami sedang dan akan terus berupaya membangun koordinasi dengan Pihak Pemerintah daerah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana daerah Kabupaten Sumbawa untuk  mengatasi krisis air bersih yang dialami warga dibeberapa wilayah Kabupaten sumbawa saat ini “, Terangnya

Mengakhiri pembicaraan Andes menuturkan meskipun pihaknya bersifat menunggu langkah dari pemerintah dalam artian menunggu bagaimana langkah – langkah penanganan dari pemerintah daerah yang bisa disinergikan dengan langkah – langkah program PMI itu sendiri mengingat penanganan korban bencana alam adalah bagian dari Tugas dan fungsi PMI. Akan tetapi jika pemerintah daerah tidak melibatkan PMI sumbawa atau melakukan penanganan sendiri maka PMI Sumbawa punya langkah sendiri dalam melakukan penanganan terhadap warga yang terkena dampak bencana alam. 

Meskipun kami tidak dihubungi oleh pemerintah daerah, kami punya langkah sendiri dalam hal melakukan penanganan terhadap korban bencana alam di wilayah kerja PMI sumbawa” Pungkasnya. (Biro Sumbawa Dedy) 

Komentar

Postingan Populer