TP4D bersama Dinas Dikpora Kabupaten Bima Gelar Pembinaan Kepsek PAUD Tentang Penggunaan BOP


Para Kepala Sekolah PAUD enam Kecamatan  mengikuti pembinaan TP4D bersama dengan Dinas Dikpora Kabupaten Bima 
Bima,Bimabangkit.com,- Dinas Dikpora Kabupaten Bima bekerja sama dengan Tim Pegawai Pengamanan Pembagunan Daerah ( TP4D) menggelar pembinaan dan sosialisasi tentang penggunaan dana Bantuan Operasional Pendidikan ( BOP) Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) Kabupaten Bima Tahun anggaran 2019 yang berlangsung di aula Kantor Kejaksaan Negeri Raba- Bima Senin 5/8/2019.

Dihadiri oleh Kabid PAUD Dikmas Chairunas Mpd, Kasi sarana prasarana PAUD Dikmas Drs. H.Jaharuddin, Ketua Forum PAUD Kabupaten Bima, TP4D Kejaksaan Negeri Raba Bima dan para kepala sekolah PAUD  dan guru PAUD di enam Kecamatan Kabupaten Bima.


Kabid PAUD Dikmas Dikpora Kabupaten Bima Drs. Chairunas Mpd, mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan dan sosialisasi melibatkan Kepala Sekolah PAUD dan guru di enam.Kecamatan  pada tahap pertama yaitu Kecamatan Sape, Lambu, Wawo, Wera, Ambalawi dan Lambitu.

Kemudian sisanya 12 Kecamatan akan dilaksanakan hal yang sama pada tahap selanjutnya dan  kita  akan tuntaskan semua di 18 kecamatan se- Kabupaten Bima kata Chairunas saat dikonfirmasi tim Bimabangkit usai kegiatan.

Kabid PAUD Dikmas Dikpora Kabupaten Bima Drs Chairunas, Mpd.
Dijelaskannya bahwa lembaga PAUD yang mendapatkan bantuan anggaran dari Kemendikbud RI  sebanyak.562 Lembaga PUD  dengan total anggaran Rp. 12.239 Miliar  yang dicairkan melalui Rekening sekolah masing - masing sesuai dengan Dapodik yang  sudah diferifikasi dan falidasi data siswa dari 716 Lembaga PUD yang ada di kabupaten Bima,  namun yang mendapatkan anggaran dari pusat hanya sebanyak 562 lembaga PAUD tahun 2019 ini, sisanya belum isi Dapodik  oleh operator sekolah PAUD  jelasnya.

Chairunas juga menegaskan jika lembaga selama empat semester tidak melakukan pengisian data Dapodik  oleh Operator sekolah  maka pihak Dinas akan mencabut ijin Operasional lembaga tersebut tegasnya.

Selain itu Kata Chairunas  bahwa lembag Pendidikan Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM) juga mendapatkan anggaran Program Longlish kesetaraan Paket A, B dan C sebanyak 48 lembaga PKBM se -Kabupaten Bima  anggaran bersumber dari APBN  melalui Kemdikbud RI senilai RP.10.750 Miliar yang dicairkan melalui rekening lembaga  masing - masing secara bertahap pencairan pertama pada bulan juni kemarin sebanyak.50 persen, baru bisa dicairkan tahap dua lembaga harus membuat dulu laporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran tahap pertama.Dan
Alhamdulillah kegiatan tersebut lagi berjalan saat ini tahap pertama ujarnya.

Diharapkan bantuan ini agar dapat dilaksanakan sesuai dengan petunjuk tehnis dengan transpran dan juga diharapkan kepada rekan rekan media untuk mengawal program tersebut harapnya.

Sementara itu Kasi Perdata tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Raba -Bima,  Raka SH.MH. menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan anggaran dari pemerintah pusat yang diperuntungkan pada kegiatan sejumlah Lembaga PAUD di Kabupaten Bima beliau berharap kepada  pengelola Lembaga PAUD agar bisa tertibkan administrasi pertanggung jawaban  kegiatan program anggaran negara tersebut sehingga nantinya tidak ada lagi di persoalkan oleh hukum, hal itu pun kami tidak inginkan adanya temuan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut ucap Raka.

Selain itu juga Raka paparkan bahwa tugas kita pendampingan dalam rangka pengawasan anggaran negara  yang berbentuk non fisik saja untuk meminimalisirkan kegiatan program tersebut agar anggaran negara benar -benar dilaksanakan tepat sasaranya sesuai dengan petunjuk tehnis program tersebut jelasnya.( BB,-01).


Komentar

Postingan Populer