Jika Ditemukan Indikasi Tindak Pidana Korupsi Dana Program, Proyek APBN, APBD Laporkan Diwebsite Kejati NTB


Sistim Laporan Tindak Pidana Korupsi
Mataram, Bimabangkit.com, - Diharapkan Bagi masyarakat yang menemukan indikasi penyimpangan pada proyek atau Program baik  pekerjaan pada Satker- setker Kementerian, Pemda, BUMN dan BUMD dan lembaga satuan Pendidikan non Formal dan Formal  yang bersumber Anggaran negara  di wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi NTB  dapat dilaporkan melalui website Kejati NTB dengan alamat www.kejati-ntb.info hal itu disampaikan Kepala Jaksa tinggi NTB di Mataram  melalui Humas Kejati NTB  Dedi Irawan, SH.MH, Selasa (8/10/19) .

Dijelaskannya bahwa  Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi , dalam pasal 41 ayat (5) dan pasal 42 ayat (5) diatur mengenai hak dan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi , Jelasnya.

Lanjutnya, dalam Undang - Undang tersebut, bahwa Peran serta masyarakat diwujudkan dalam bentuk antara lain, mencari, memperoleh, memberikan data, atau informasi terkait tindak pidana korupsi, selain itu  juga masyarakat  memiliki hak untuk menyampaikan saran dan pendapat serta melaporkan dugaan tindak pidana korupsi ke pihak- pihak Hukum ungkapnya.

Berdasarkan Undang -Undang tersebut juga, Paliing tidak harus memenuhi tiga esensi yaitu, perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat, kebebasan yang bertanggungjawab bagi masyarakat untuk menggunakan haknya, dan penciptaan ruang yang leluasa- luasnya bagi masyarakat untuk berperan serta terangnya. ( BB,-03).

Komentar

Postingan Populer