362 Pasar Tradisional Se Indonesia Ikut Bimteks, Salah Satunya Pasar Amahami Kota Bima Dapat nilai 100.


Kepala UPT Pasar Amahami, Marwan Hadi S.Sos.

Kota Bima, Bimabangkit.Info, - Sebanyak 362 Kepala pasar Tradisional se Indonesia yang mengikuti bimteks yang diselenggarakan Badan Pengawas Obat dan Makanan  (BPOM) Pusat   melalui vicon Selasa 30/6/2020.

Dalam rangka meningkatkan koordinasi Secara sinergis dan kontinyu terhadap pelaksanaan Pembinaan usaha secara ritel pangan Pada pasar tradisional  ditengah pendemi covid 19 ini.

BPOM Pusat melaksanakan bimbingan teknis, dengan cara ritel pangan  yang baik dan benar  dalam rangka pengawasan dan pembinaan keamanan pangan di pasar tradisional hal tersebut, disampaikan Kepala  UPT Pasar Amahami Kota Bima, Marwan  Hadi S.Sos, pada media ini.

Marwan menjelaskan  di Provinsi NTB hanya ada  3 pasar tradisional  yang mengikuti bimteks tersebut, yaitu Pasar Amahami Kota Bima, Pasar Lombok Timur dan Pasar Kota Mataram. 

Dalam bimteks tersebut Pasar Amahami Kota Bima yang di Pimpin oleh Marwan Hadi S.sos, meraih nilai 100, dari 100 nomor soal yang di uji, sementara standar nilai untuk  mendapatkan penghargaan Sertifikat  dari BPOM Pusat minimal nilai 60. Jelasnya.

Gagasan dan terobosan yang dilakukan Marwan itu merupakan wujud mendukung visi misi Walikota Bima menuju perubahan tentu semua itu dilakukan  sejumlah tahapan dan proses mulai  sejak dilantik oleh Walikota Bima pada tahun 2019.

Selain itu juga, dengan  terobosan tersebut, dilakukan hingga menghasilkan Pendapatan Daerah Kota Bima senilai 50 lebih juta perbulan di pasar Amahami, dibandingkan Pendapatan daerah tahun sebelum hanya 30 sekian juta perbulan menurut marwan ini perubahan yang luar biasa, hal itu dilakukan sesuai dengan janji dan visi misi walikota Bima katanya.


Berharap  semoga pasar Amahami Kota Bima, mendapatkan  penghargaan sertifikat dari Balai Besar POM Pusat sehingga terharu nama baik kota Bima dipublik dimasa  kepemimpinan H.Muhammad Lutfi SE, Walikota Bima harapnya.



Dalam bimteks itu masing masing peserta ( Kepala UPT  pasar tradisional, paparkan gagasan dalam pengelolah pasar, yakni tentang keamanan pasar dan  tugasnya  untuk pencegahan bahan berbahaya di pasar tentu hal itu di dukung oleh pemerintah.

Kemudian diberikan pemahaman tentang ritel ini, sehingga para pelaku pasar nanti akan paham cara ritel pangan yang baik sehingga bisa aman di konsumsi oleh masyarakat," ujar


Tim penilai Bimteks Balai POM Pusat

Sementara itu,  tim BPOM Pusat  mengapresiasi kenerja dan gagasan kepala UPT pasar Amahami Kota Bima atas paparannya  tadi  dan pak marwan adalah tokoh Ispiratif untuk teman teman Kepala UPT pasar tradisional  lain di Indonesia. Dan kami dari BPOM Pusat mengshare foto dan vedio  kegiatan pasar Amahami Kota Bima  ditengah pendemi covid 19  pengunjung dan pelaku pasar  Amahami memakai masker dan menggunakan busana sarun tenun Bima , hal itu dijadikan acuan kepala pasar lain.

Sekarang di pasar Mandalika  sudah membuat lapak lapak seperti di pasar Amahami Kota Bima, utk menerapkan phisical distancing  hal itu dikutip media ini, hasil percakapan Kepala UPT Pasar Amahami dengan Balai POM.Pusat.( BB,-Anwar).














Komentar

Postingan Populer