Camat Woja Tegaskan Kades Wawonduru. Kembalikan Posisi Kaur yang Dipecat
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Camat Woja Tegaskan Kades Wawonduru. Kembalikan Posisi Kaur yang Dipecat

Bimabangkit.info
Kamis, 02 Juli 2020

Foto: Camat Woja Suherman, SPT
Dompu, Info Bima - Untuk kedua kalinya Camat Woja Suherman, SPT melayangkan surat penegasan pengembalian posisi perangkat Desa Ilham Ibrahim (Kaur Perencanaan) yang sebelumnya telah dipecat oleh Kepala Desa Wawonduru Abdul Fattah, ST, dinilai pemberhentian dilakukan sepihak.

Ditemui diruang kerjanya pada kamis (2/7/20). Camat Wojo Suherman, SPT mengaku sudah beberakali memanggil Kades Wawonduru membahas pengembalian posisi Ilham yang diberhentikan, bahkan sekarang dirinya mengaku sudah dua kali layangkan surat untuk Kepala Desa Wawonduru, namun jika masih tidak diindahkan maka ia akan melayangkan kembali surut kepada Bupati.

"Saya baru saja melayangkan surat kedua kalinya. Kita masih mengharapkan posisi Ilham segera dikembalikan. Sebab alasan pemecatan ini kita tidak ngerti juga. Kalau surat kita masih belum diindahkan kita teruskan ke Bupati" tandasnya.

Dihari yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu Hairuddin, SH yang dijumpai di tempat kerjanya mengaku. Dirinya sudah melakukan pemanggilan terhadap Kades Wawonduru untuk dilakukan pembinaan, dia mengaku tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan ketegasan terhadap Kades Wawonduru selain fungsinya sebagai pembina. Namun sebagai Sekretaris Tim Penyesuaian Sengketa Hairuddin menilai tindakan yang dikalakukan Kades Wawonduru itu salah, karena tidak memalui prosedur hukum yang ditetapkan.

"Sesuai undang-undang nomor 6 tentang Desa dan Permendagri 67 tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa. Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa harus melalui proses dan harus mendapatkan rekomendasi dari Camat. Tapi kalau saya, pemberhentian tanpa melalui rekomendasi harus dicabut kembali, tapi saya tidak punya kewenangan untuk itu, namun kalau saya sarankan selahkan caba mengadukan ke Tim Penyelesaian Sengketa" ungkapnya.(IB.Din)