Muskot IPSI Kobi Resmi Dibuka Pengprov NTB, Walid Terpilih Secara Aklamasi.
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Muskot IPSI Kobi Resmi Dibuka Pengprov NTB, Walid Terpilih Secara Aklamasi.

Bimabangkit.info
Minggu, 26 Juli 2020

Kota Bima, Media Info Bima - Pada Minggu (26/07/2020) Pukul 08.00 pagi di Kampus Akademik Kebidanan (Akbid) Surya Mandiri Bima Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bima mengelar Musyawarah Kota (Muskot) IPSI Kota Bima Tahun 2020 untuk masa bakti Tahun 2020-2024. Saat Musyawarah Kota pemilihan kepengurusan Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat Kota Bima itu, dipimpin langsung oleh Ketua IPSI Kota Bima Periode 2016-2020 yaitu H. Jubair, SKM, M.Kes.
Ketua IPSI Kobi Periode 2016 - 2020 H. Jubair (Kanan) dan Ketua IPSI Kobi Periode 2020 - 2024 Khalid Bin Walid (Kiri)

Dalam sambutannya, Ketua IPSI Kota Bima H. Jubair menyampaikan bahwa Muskot yang digelar hari ini memiliki legal standing yang kuat karena adanya rekomendasi dari Pengurus Provinsi (Pengprov) IPSI NTB. Sedangkan pemilihan yang diadakan sebelumnya dinilai ilegal dan cacat secara administrasi, karena tanpa rekomendasi dari pengurus IPSI. Idealnya, setiap pemilihan dalam suatu organisasi haruslah menyertakan Laporan Pertanggungung Jawaban (LPJ) dari pengurus lama guna disampaikan kepada peserta musyawarah sebelum kepengurusan dinyatakan demosioner dengan satu harapan bahwa ada feedback dari peserta muskot ini.

Lanjut Jubair yang menjabat sebagai ketua IPSI Kota Bima dua kali periode 2012 - 2016 dan 2016 – 2020, yang juga sebagai anggota Bidang Organisasi KONI Kota Bima, peserta yang hadir telah memenuhi quarom yang merupakan representasi dari sejumlah perguruan pencak silat yang terdaftar di IPSI Kota Bima dan ditambah dengan 1 suara syah dari pengurus IPSI Kota Bima. Berdasarkan informasi dari Ketua KONI Kota Bima, Feri Sofiyan, SH bahwa dirinya berhalangan hadir dan telah mendelegasikan kepada seorang Wakil Ketua KONI Kota Bima untuk menghadiri acara Muskot tersebut.

Sedangkan Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) IPSI NTB mendelegasikan kewenangannya Kepada Ketua I Pengprov IPSI NTB dan Ketua Lembaga Wasit Juri Pengprov IPSI NTB melalui Surat Tugas Nomor : 43/IPSI NTB/VII/2020 yang ditandatangani oleh Sekretaris Pengprov IPSI NTB Dr. H. Tajuddin. Sesuai dengan hasil silahturahim Ketua IPSI Kota Bima yang didampingi Ketua Panitia Pelaksana Lubis Hermanto, S.Sos, M.Ikom, dimana terdapat saran dan masukan yang konstruktif dari ketua KONI Kota Bima, Feri Sofiyan di kediamannya Sabtu (25/07/2020) malam, bahwa saat Muskot besok (Minggu, red) perlu adanya rekonsiliasi dan ikatan koordinasi antara panitia sebelumnya dengan panitia pelaksana sekarang yang dikoordinir oleh ketua IPSI Kota Bima H. Jubair guna terciptanya harmonisasi dan suasana yang kondusif pada pelaksanaan Muskot.

Seyogyanya, acara Muskot dijadwalkan untuk dibuka secara resmi pada jam 08.00 pagi, tetapi harus diundur hingga pukul 11.00 wita, penundaan ini dilakukan karena adanya goodwill dan inisiatif dari panitia pelaksana untuk meminta klarifikasi dan konfirmasi dari panitia pelaksana sebelumnya. “Mengingat konfirmasi dan klarifikasi dari panitia sebelumnya tak kunjung ada (Belum hadir) dan juga mempertimbangkan peserta Muskot telah memenuhi quarom, maka diputuskan pembukaan Muskot IPSI Kota Bima Tahun 2020 secara resmi pada pukul 10.30 wita," ujar H. Jubair dengan raut wajah yang penuh wibawa dan penuh kharismatik.
Utusan Pengurus Pengprov IPSI NTB Saharudin (Kanan) berpose bersama dengan Ketua IPSI Kota Bima terpilih secara aklamasi Khalid Bin Walid (Kiri)

Sementara itu, Ketua IPSI NTB yang diwakili oleh Saharudin menyampaikan salam takzim dari Ketua Pengprov IPSI NTB H. Agus yang berada di luar daerah (NTT, red), pada prinsipnya bahwa Muskot tentang pemilihan pengurus IPSI Kota Bima untuk masa Bakti 2020-2024 hari ini adalah sah, karena unsur administrasi sebagai syarat utama, yaitu berupa mandat dan persetujuan dari Pengprov IPSI NTB telah terpenuhi. "Pokoknya, Muskot ini baik secara de jure maupun de facto adalah sah," tandas Saharudin Ketua Lembaga Wasit-Juri Pengprov IPSI NTB.

Dari pantauan langsung media ini, usai acara pembukaan tersebut, pihak panitia pada acara pleno satu, tepatnya pemilihan pimpinan sidang sementara, dari unsur perguruan pencak silat yang hadir, semuanya mengusulkan nama Muslimin, S.Pt, M.Si sebagai pimpinan sidang, sehingga sekretaris pimpinan sidang jatuh pada Lubis Hermanto dan seorang anggota, Ahmad, A.Ma. Dalam sidang tersebut, para peserta (Perguruan silat) yang memiliki suara syah, dan semua yang hadir mengusulkan hanya satu nama calon saja, Khalid Bin Walid sebagai bakal calon Ketua IPSI Kota Bima periode 2020-2024.

Dus, pada pukul 12.00 Wita, Khalid Bin Walid dinyatakan menang secara aklamasi karena merupakan calon tunggal, namun sebelum Muskot ditutup, Ketua terpilih Khalid Bin Walid dalam pidato perdananya menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT atas kelancaran Muskot IPSI Kota Bima Tahun 2020, sekaligus ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan berkontribusi positif khususnya kepada Pengprov IPSI NTB dan Pengurus IPSI Kota Bima periode 2016 - 2020.
Masih menurut Walid yang juga Anggota DPRD Kota Bima dari Partai Gerindra, bahwa dinamika dalam sebuah organisasi adalah hal yang biasa. Yang terpenting bagi kita semua adalah bagaimana mengerahkan seluruh potensi dan energi positif sesuai kapasitas untuk memajukan dan mengembangkan cabang olahraga Pencak Silat ini untuk dapat berkiprah dan meraih prestasi gemilang baik pada level NTB, dan Nasional, maupun pada level internasional. "Oleh karena itu, mari kita bersatu karena dengan persatuanlah kita dapat mewujudkan mimpi dan harapan kita bersama, "tutup Walid dengan penuh optimis. (Usman).