Pemuda dan Masyarakat Desa Sakuru Menggelar Demo Depan Camat Monta.
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Pemuda dan Masyarakat Desa Sakuru Menggelar Demo Depan Camat Monta.

Bimabangkit.info
Kamis, 02 Juli 2020


Monta, Media Info Bima Online - Aliansi Pemuda dan Masyarakat Desa Sakuru melakukan aksi Demonstrasi di depan Kantor Camat Monta. Aksi ini dilakukan menyoroti kinerja Camat Monta Drs. Nurdin M. Said yang dinilai tidak mampu menyelesaikan berbagai persoalan di Kecamatan Monta, Kamis (2/7/2020).

Korlap aksi Taufikurrahman mengatakan, grand isu yang menjadi tuntutan massa aksi adalah pengawasan Pemerintah Kecamatan yang dinilai lamban dalam mengawasi penggunaan ADD dan DD di tiap Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Monta.

Hal penting lain yang menjadi tuntuntan massa aksi adalah soal Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) Desa Sakuru tahun 2019 yang sampai sekarang belum dilaporkan oleh Mantan Kepala lama Drs. Supratman kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sakuru.

“Dengan tidak adanya LKPPD Mantan Kades Sakuru, patut diduga ada penyelewengan ADD dan DD yang dilakukan oleh mantan Kasdes dan Aparatur Desa Sakuru,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, kami mendesak Camat Monta agar secepatnya merekomendasikan pelaksanaan LKPPD Desa Sakuru tahun 2019 dan mendesak Inspektorat Kabupaten Bima agar melakukan Audit penggunaan anggara tahun 2019 di Desa Sakuru.

“Kami menilai Camat Monta, Nurdin tidak mampu mengembang tugas dengan baik sehingga banyak penyimpangan penggunanaan dana Desa yang tidak dikontrol dengan baik oleh Pemerintah Kecamatan,” ujarnya.

Beberapa persoalan lain, tambah dia, adalah penggunaan dana dan penanganan pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Kecamatan Monta yang dinilai tidak transparan dan ada pembiaran yang dilakukan.

“Kami meminta Camat Monta agar transparan dalam penggunaan dana Covid-19 dan kalau memang Camat Monta tidak mampu mengatasi berbagai persoalan di Kecamatan Monta lebih baik mengundurkan diri saja,” tegasnya.

Sesuai dengan regulasi dan aturan Permandagri nomor 46 tahun 2016 tentang laporan Kepala Desa (LPPD) wajib dilaporkan kepada Bupati melalui Camat, sementara (LKPPD) disampaikan BPD dan (ILPPD) atau informasi laporan penyelenggaraan Pemerintah wajib diinformasikan kepada masyarakat lewat rapat terbuka, bukan saja itu, banyak terkuat pada masalah itu, namun ada beberapa hal yang menjadi tuntutan kami yaitu transparansi anggaran, (Covid-19) yang digelontarkannya itu sangat banyak kepada pihak Kecamatan.

Adapun yang menjadi tuntutan masa aksi hari ini, pertama, mendesak Camat Monta agar secepatnya melaksanakan LKPPD dan LPPD Desa Sakuru sebagai lembaga pengawasan sesuai rekomendasi yang dikeluarkan, Kedua hadirkan Inspektorat untuk mengaudit Pemerintah Desa Sakuru secara terbuka dan masyarakat Desa Sakuru, tentang anggaran pada tahun 2019. Dan Ketiga, berikan transparansi anggaran, (Covid-19) di Wilayah Kecamatan Monta
Foto : Camat Monta, Drs. Nurdin M. Said.

Menanggapi tuntuntan massa aksi, Camat Monta Drs Nurdin mejelaskan, terkait LKPPD Desa Sakuru, pihak Kecamatan sudah melakukan upaya dengan mengundang Pemerintah Desa Sakuru, BPD dan Mantan Kepala Desa Sakuru untuk melakukan rapat intern sesuai harapan masyarakat.

“Rapat tersebut tidak bisa dilaksanakan karena mantan Kepala Desa Sakuru saudara Drs. Supratman tidak berada di Desa Sakuru,” katanya.

Sementara terkait penggunaan dana Covid-19, Camat menyampaikan bahwa dana penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kecamatan belum ada yang dicairkan oleh Pemerintah Daerah.

“Kami belum menerima anggaran penanganan Covid-19 dari Pemerintah Kabupaten Bima dan kami sendiri tidak memiliki alokasi anggaran khusus untuk penanganan Covid-19,” ungkapnya. (Usman).