H. Muhammad Lutfi Walikota Bima Membuka Secara Resmi Rapat Pokja PUG Digelar DP3A Kota Bima.
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

H. Muhammad Lutfi Walikota Bima Membuka Secara Resmi Rapat Pokja PUG Digelar DP3A Kota Bima.

Bimabangkit.info
Kamis, 10 September 2020

Kota Bima, Media Info Bima Online - Walkota Bima H.Muhammad Lutfi SE, membuka secara resmi Rapat Kelompok kerja (Pokja) pengarutaman Gender (PUG) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Bima digelar di Aula Kantor Walikota Bima Kamis,(10/09/2020).


Hadir pula Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar MH, Staf Ahli Walikota Bima bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Staf Ahli Walikota Bidang Kesra, Kemasyarakatan dan SDM, Asisten bidang Kesra dan Kemasyarakatan, Asisten bidang Administrasi Umum, Kepala perangkat Daerah dan Camat.

Foto : Kadis DP3A Kota Bima, H. Ahmad, SE. dalam laporannya.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bima H. Ahmad SE, menyampaikan hal-hal teknis yang dilaksanakan oleh pemerintah tentang PUG. 


"Implementasi pelaksanaan Pokja PUG ini, perlu ditekankan dukungan serta kesepahaman bersama dari masing-masing OPD yang terkait. Sehingga, Pokja PUG ini benar-benar bisa dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan,” ujarnya.


Lebih lanjut dijelaskannya, Pokja PUG dilakukan secara rasional dan sistematik untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui program yang memperhatikan aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan serta laki-laki. 

Foto : Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, dalam Arahannya.

Wali Kota Bima dalam arahannya menyampaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan saat ini keadilan gender merupakan aspek yang sangat penting dan harus di respon dalam setiap aktivitas pembangunan.


“Gender merupakan salah satu tujuan utama dalam pembangunan global, sebagai hasil kesepakatan dari negara-negara di dunia yang dilaksanakan di Beijing tahun 1955 pada saat konfrensi PBB untuk perempuan dan ini juga sejalan dengan tujuan ke-5 dari 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGS) yaitu kesetaraan gender dan sebagai salah satu wujud nyatanya adalah dengan memasukan keadilan gender pada setiap kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan, bahkan keadilan gender juga telah menjadi salah satu indikator keberhasilan,” papar Wali Kota.


Lebih lanjut Wali Kota Bima menjelaskan kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan sebagai manusia agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial-budaya, dan keamanan. 


Diakhir sambutannya Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak yang telah memfasilitasi kegiatan Pokja PUG. 


"Semoga kegiatan ini bermanfaat, sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kota Bima tanpa terkecuali", ujarnya. (Usman).