Inilah Tanggapan Pemkot Bima Terkait Tuntutan Warga Binabaru Soal Krisis Air Bersih.
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Inilah Tanggapan Pemkot Bima Terkait Tuntutan Warga Binabaru Soal Krisis Air Bersih.

Bimabangkit.info
Senin, 14 September 2020

 

Massa aksi demo di depan Kantor Walikota Bima


Kota Bima, Media Info Bima Online - Terkait dengan Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh puluhan orang yang mengatas namakan warga lingkungan Binabaru Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat di Kantor Pemkot Bima.


Massa aksi menyampaikan tuntutan soal krisis air bersih di lingkungan Binabaru kelurahan Dara, yang terjadi semenjak banjir bandang yang melanda Kota Bima pada tahun 2016 lalu,  sehingga air bersih sangat susah di dapatkan oleh warga setempat. Air tidak lagi mengalir lewat pipa-pipa jaringan akibat pipa-pipa tersebut banyak yang berkarat, dipenuhi tanah lumpur  dan pasir.


Meskipun sudah dilakukan instalasi oleh pemerintah kota Bima pada tahun 2019 lalu, tetapi instalasi tersebut tidak dilakukan secara menyeluruh sehingga sampai saat ini masyarakat lingkungan Binabaru masih mengalami krisis air bersih ungkap massa aksi di depan kantor Walikota Bima.

Foto : Sekda Kota Bima Drs. H. Muhtar Landa, MH.


Sementara itu Pemerintah Kota Bima melalui Sekda Kota Bima Drs. H. Muhtar Landa, MH saat ditemui di ruangannya menyampaikan tanggapan bahwa kaitan tuntutan massa aksi soal krisis air bersih di lingkungan Binabaru itu, pihak pemerintah kota Bima sudah berupaya membantu PDAM untuk kelancaran air bersih, melalui perbaikan pipa pipa  yang rurak dan instalasi jaringan serta mengdistribusikan air bersih melalaui mobil tangki air bersih untuk masyarakat lingkungan Binabaru distribusi air bersih tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.


Karna Perusahan Air Minum PAM yang beroperasi di Kota Bima ini adalah milik PDAM Kabupaten Bima, jika PDAM tersebut sudah diserahkan oleh Pemda Bima ke pemkot Bima tentu kami akan bertanggung jawab sepenuh tentang hal itu, ungkap Sekda.


Menurut sekda, krisis air bersih bukan hanya saja di lingkungan Binabaru kelurahan Dara, namun juga dialami oleh masyarakat lain dibeberapa kelurahan di kota Bima dan pihak pemerinth kota Bima sudah semua dilakukan distribusikan air bersih melalui mobil tangki air bersih di beberapa lokasi yang dianggap krisis air bersih di kota Bima sebagai bentuk keperdulian pemerintah kota Bima terhadap masyarakat. Tuturnya.


Kalau massa aksi menuntut pemerintah kota Bima  terkait persoalan krisis air bersih di lingkungan Binabaru, itu tuntutan yang sangat keliru, mungkin yang lebih tepat tuntutan tersebut di sampaikan langsung di Pihak PDAM Kabupten Bima itu baru pas dan yang menyelesaikan persoalan tersebut, ujarnya (Usman).