Musdes Penapali-Woha Himpun 400 Aspirasi Warga
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Musdes Penapali-Woha Himpun 400 Aspirasi Warga

Bimabangkit.info
Selasa, 22 September 2020

 



Setelah dilakukan launching  oleh Kepala Desa Penapali Senin (14/9) lalu pekan aspirasi yang dilakukan oleh lima orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Penapali berhasil menjaring 400 aspirasi warga desa setempat. 

              

Hal tersebut terungkap Selasa (22/9) pada Musyawarah Desa hasil penjaringan aspirasi warga yang difasilitasi oleh Solidaritas Untuk Demokrasi (Solud) NTB sebagai Simpul Jaringan Seknas FITRA bekerjasama dengan KOMPAK Indonesia yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bima, Kementerian Desa PDTT.

         


Kepala Bappeda yang diwakili Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Sosial Budaya Raani Wahyuni ST, MT, M.Sc meminta kepala desa memberi ruang untuk mengakomodir aspirasi yang sudah diserap oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

     


         

Dihadapan Kades, Sekdes, Anggota BPD dan Kepala Dusun, "Aspirasi yang telah dihimpun kiranya dapat dikawal hingga tertuang dalam dokumen perencanaan dan penganggaran di desa.  Dengan demikian lanjutnya, Pekan Aspirasi bukan sekedar seremonial belaka tetapi ada hasil dan manfaat yang diterima masyarakat". Jelasnya.

         


Menurut Koordinator Program SOLUD NTB M. Qadafi, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Sekolah Anggaran (SEKAR) yaitu Program Akuntabilitas Sosial untuk Mewujudkan Pemerintah Desa yang Transparan dan Partisipatif. 

             

"SOLUD diminta untuk mendampingi BPD supaya ada "gaung" dalam melaksanakan tiga tugas pokoknya, antara lain menyerap, mengumpulkan dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Aspirasi ini yang selanjutnya diserahkan kepada kepala desa sebagai pemegang mandat tertinggi di desa untuk mengakomodir dalam dokumen perencanaan yang ada. Itulah yang menjadi alasan sehingga ada pekan aspirasi di masing-masing desa". Urainya.

     


 Kepala Desa Penapali Muhamad Tahir dalam sambutannya mengharapkan agar ke depan BPD dapat memilah dan memilih mana aspirasi yang akan menjadi prioritas.

              

"Apalagi pada tahun 2021 mendatang dampak Pandemi Covid-19 juga harus dipertimbangkan secara cermat. Hal ini menurutnya penting dilakukan agar terarah dalam merumuskan perencanaan dan penganggaran pembangunan desa". Terang Tahir.

            

Sebelumnya, Ketua BPD Desa Penapali  Fery Ferdian menyampaikan terima kasih kepada SOLUD yang telah memberikan inovasi dalam penjaringan aspirasi kepada BPD yang memberikan ruang sepenuhnya kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi.

             

"Upaya ini sangat luar biasa karena memang dari dulu hanya beberapa perwakilan yang bisa menyampaikan aspirasi. Tetapi untuk saat ini Alhamdulillah secara keseluruhan aspirasi masyarakat desa Penapali mulai dari dusun I sampai dusun III bisa diserap secara". Terang Fery.


(Tim Komunikasi Publik Diskominfostik Kab. Bima)