Tim Medis PKM Dompu Kota Di Sweb Massal. Pelayanan Ditutup Sementara
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Tim Medis PKM Dompu Kota Di Sweb Massal. Pelayanan Ditutup Sementara

Bimabangkit.info
Senin, 14 September 2020

 

Kondisi Puskesmas Dompu Kota Terpantau Sepih dan Tidak ada Aktivitas Sama Sekali

Dompu, Info Bima - Sebanyak 52 orang tim medis dari Puskesmas Dompu Kota dilakukan sweb  massal. Hal itu dilakukan mengingat adanya 4 orang Tim medis dan 1 orang kader posyandu Puskesmas Dompu Kota sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19. Kini kelima orang tersebut telah menjalani isolasi di Gedung Sanggilo Dompu sejak hari Minggu pagi kemarin.


Guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu langsung mengambil tindakan cepat dengan melakukan tes sweb bagi seluruh tim medis yang berkeja di Puskesmas Dompu Kota pada Minggu malam, pukul 20.00 wita.


Kepala Puskesmas Dompu Kota, Dewi Laila Mahligai Putri, S.ST, M.Kes yang dikonfirmasi usai menjalani swab tes massal mengatakan. Kegiatan swab tes massal yang dilakukan ini untuk mengetahui kondisi kesehatan petugas yang ada, secara, mereka sebagai petugas Puskesmas Dompu Kota tentu secara otomatis telah berpapasan dengan pasien yang terinfeksi virus covid 19.


"Untuk mengantisipasi munculnya hal hal yang tidak diinginkan, kami langsung menggelar swab tes massal petugas," Pungkas Dewi.


Dari total 254 orang tim medis yang bertugas di Puskesmas Dompu Kota baru 68 orang yang telah dilakukan tes sweb, sementara 86 orang lainnya masih akan dilakukan sweb susulan setelah ada hasil sweb tes pertama.



Dampak dari itu, PKM Dompu Kota  kini telah ditutup sementara sejak hari Senin pagi hingga dikeluarkan hasil sweb dari 25 orang yang ikut melakukan tes sweb pertama kemarin. Akibatnya, seluruh pasien yang ada PKM Dompu Kota kini telah dialihkan penanganannya ke Puskesmas Dompu Timur.


Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, S.Km yang dikonfirmasi media ini membenarkan adanya penutupan Puskesmas Dompu Kota. Hal itu dilakukan menurutnya untuk menghindari jatuhnya korban susulan dari tim medis akibat covid 19. Selain itu, seluruh tim medis yang bertugas di Puskesmas Dompu Kota telah menjalani swab tes massal sehingga aktifitas medis dan pelayanan di Puskesmas Dompu Kota tidak diaktifkan sementara waktu.


"Seluruh pasien yang dirawat di Puskesmas Dompu Kota sudah di alihkan ke RSUD Dompu," jelasnya.(IB.Din)