Bawaslu Dompu Gelar Sidang Ajudikasi Gugatan Kuasa Hukum SUKA
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Bawaslu Dompu Gelar Sidang Ajudikasi Gugatan Kuasa Hukum SUKA

Bimabangkit.info
Kamis, 01 Oktober 2020

Ketua Majelis Sidang Ajudikasi Bawaslu Dompu Drs. Irwan dan Anggota Majelis Swastari, SH

Dompu, Lensa Pos NTB - Sidang tahap kedua terkait gugatan Kuasa Hukum Pasangan H. Syaifurrahman Salman, SE dan Ika Rizky Veryani (SUKA) kembali digelar di ruang sidang Bawaslu Kabupaten Dompu, Kamis (1/10/2020) pukul 14.30 Wita.

Sidang ajudikasi (terbuka) ini dengan agenda mendengarkan pembacaaan permohonan pemohon dan pembacaan jawaban termohon.

Sidang dipimpin oleh Ketua Majelis Drs. Irwan dan didampingi anggota Swastari, SH.

Adapun dari pihak pemohon yaitu Kuasa Hukum Bacabup dan Bacawabup Dompu berjargon SUKA itu yang hadir adalah  Kisman, SH, Dwi Yudhayana, SH, Rusdiansyah, SH., MH, Suharto Baco, SH dan Amirullah, SH.

Sedangkan dari KPU Kabupaten Dompu selaku Termohon dihadiri oleh 3 (tiga) orang Komisioner yakni Agus Setiawan, SH, Sulastriana, SE dan M. Anchory, SE.

Sidang Ajudikasi (Musyawarah Terbuka) ini adalah lanjutan dari Sidang Musyawarah Tertutup yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya. Sidang kedua ini dilakukan karena pada sidang pertama KPU sebagai termohon tetap bersikukuh dengan keputusan yang telah dikeluarkan pada 23 September 2020 lalu yang menyatakan H. Syaifurrahman Salman, SE - Ika Rizky Veryani sebagai Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dalam pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Dompu. Dengan kata lain, KPU Kabupaten Dompu menolak gugatan Kuasa Hukum Pasangan berjargon SUKA itu.
Atas penolakan dari KPU Kabupaten Dompu selaku termohon, maka pihak Pemohon tidak menyepakatinya sehingga Majelis Sidang menetapkan agar dilaksanakan Sidang Ajudikasi (Musyawarah Terbuka) sebagai langkah penyelesaian sengketa pemilihan sebagaimana diatur dalam Perbawaslu Nomor 2 tahun 2020.


Bila pada sidang tertutup kemarin para awak media hanya diperkenankan mengabadikan gambar sebelum sidang dimulai dan tidak diperbolehkan mengikuti sidang, maka pada sidang kedua ini para wartawan diperbolehkan meliput dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan.
Hingga berita ini diturunkan, masih berlangsung pembacaan permohonan pemohon yang berisi 35 halaman. 
Pantauan media ini situasi aman dan kondusif. 
Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S. IK saat memimpin Apel Gabungan Kamis pagi (1/10/2020) pukul 08.00 Wita menginstruksikan agar Kantor Bawaslu sebagai tempat pelaksanaan sidang sengketa penyelesaian pemilihan steril. Jalur yang menuju kantor tersebut ditutup dengan pengamanan ketat dari personel POLRI maupun TNI. Di sebelah timur di tutup di perempatan Sawete. Sedangkan di sebelah barat di pertigaan depan Kantor Samsat Dompu. Pihak kepolisian secara persuasif juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar menghindari kerumunan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid -19. (AMIN).