Desa Bara Menuju Provinsi. Wakili Kabupaten Dompu Pada Lomba Kampung Sehat
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Desa Bara Menuju Provinsi. Wakili Kabupaten Dompu Pada Lomba Kampung Sehat

Bimabangkit.info
Kamis, 15 Oktober 2020

Camat Woja Suherman, SPT, Kepala Desa Bara Aswan dan Kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM. Mereka Sedang Bersiap Untuk Menghadapi Tim Penilai Lomba Kampung Sehat Tingkat Provinsi NTB


 Dompu, Infobima.com - Kepala Desa Bara bersama unsur Pemerintah Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB, sedang mempersiapkan diri menuju Lomba Kampung Sehat Tingkat Provinsi NTB.


Sebagai Desa yang dinobatkan menjadi salah satu Desa yang juara pada Lomba Kampung Sehat di tingkat Kabupaten Dompu, maka, kini Desa Bara diutus kembali untuk mewakili seluruh Desa di Kabupaten Dompu dalam Lomba Kampung Sehat pada tingkat Provinsi NTB.


Sekarang unsur Pemerintah Kecamatan Woja bersama Pemerintah Desa Bara sedang mempersiapkan strategi untuk mencuri perhatian tim penilaian  Lomba Kampung Sehat Provinsi yang rencana akan turun untuk memberikan penilaian pada Desa Bara besok Sabtu (17/10/20).


Kepada wartawan, Kapala Desa Bara Andi Aswan bersama Camat Woja Suherman, SPT, dan Kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM yang ditemui pada Jumat (16/10/20) mengungkapkan. Bahwa dirinya bersama masyarakat, dan Camat Woja, Kepala PKM Dompu Barat, serta Kapolsek Woja sudah siap menghadapi Lomba Kampung Sehat yang diselenggarakan oleh Kepolisian Polda NTB di tingkat provinsi.


"Kesiapan kita bersama masyarakat sudah mantap 100 persen untuk menghadapi lomba ini, itu semua berkat dukungan dari Camat, Kapolsek dan Kepala PKM. Dan besok kita akan dilakukan penilaian oleh tim dari Provinsi NTB" ungkap Aswan.


Ditempat yang sama Camat Woja Suherman, SPT juga mengutarakan. Jika Pemerintah Kacamata Woja kini tengah mengantarkan Desa Bara menjadi perwakilan Desa pada Lomba Kampung Sehat di tingkat provinsi. Layaknya Desa Bara untuk mewakili Kabupaten Dompu pada lomba ini, karena sebelumnya Desa ini sudah mampu menjuarai Lomba Kampung Sehat di Tingkat Kecamatan, yang kemudian  kembali mampu masuk di 3 besar pada lomba kampung sehat tingkat Kabupaten, sehingga bisa diusulkan untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi.


"Saya berharap pemerintah Desa dan masyarakat Desa Bara agar bersama-sama untuk bahu-membahu membatu mensukseskan lomba Kampung Sehat ini. Dengan harapan supaya kita bisa juara pada lomba tingkat provinsi nanti" harapnya.


Sementara untuk kesiapan Desa Bara pada bidang kesehatan yang disiapkan. Kepala Puskesmas Dompu Barat Muzakir, SKM mengatakan, dirinya mengaku sudah mempersiapkan kejutan dihari penilaian nanti. Dan kejutan itu belum dia tunjukkan ke publik sebelum tim penilaian provinsi turun di lokasi.


"Insya Allah, kami bersama pak Camat dan pak Kades ingin membuat kejuta besok terhadap tim penilai. Intinya kami akan memberikan yang terbaik untuk Kecamatan Woja dan Kabupaten Dompu umumnya" kata Muzakir.


Muzakir melanjutkan. Sebagai pihak yang memiliki tanggungjawab pada bidang kesehatan masyarakat. Muzakir mengatakan, jika lomba ini bukanlah segalanya yang diharapkan, namun hal ini bisa dipetik hikmahnya untuk pembenahan diri dengan membuat masyarakat terbiasa dengan pola hidup sehat, ini yang menjadi langkah awal yang sudah dilakukan, terbukti efektif.


"Terbukti memang. Contoh di Desa Bara ini tidak ada pasien terkenal Virus Corona, hanya orang dalam pemantauan (tanpa gejala) saja yang ada. Itu semua berkat Kepala Desa yang mencoba terapkan beberapa inovasi untuk kesehatan masyarakat yang disiapkan pada setiap Dusunnya" pungkasnya.(Din)