Kota Bima NTB Utus Lima Kafilah di Ajang MTQ Nasional Padang.
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Kota Bima NTB Utus Lima Kafilah di Ajang MTQ Nasional Padang.

Bimabangkit.info
Senin, 26 Oktober 2020

Foto : Kabag Kesra Setda sekaligus Sekretaris Umum LPTQ Kota Bima, H. Ahmad, S.Ag, MM.


Kota Bima, Bimabangkit.Info, - Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 28 Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Kota Padang Sumatera Barat tanggal 12 - 21 November 2020. LPTQ Kota Bima gencar melaksanakan Training Centre (TC) untuk 5 Kafilah Kota Bima yang akan mewakili NTB. 



Kabag Kesra Setda sekaligus Sekretaris Umum LPTQ Kota Bima, H. Ahmad, S.Ag, MM menjelaskan, bahwa berdasarkan Rakor bersama di ruang rapat Biro Kessos Provinsi NTB, Jumat lalu, ada 3 agenda yang dibahas, yakni : 1. Terkait persiapan menghadapi MTQ ke 28 Tingkat Nasional 2020 di Kota Padang Sumatera Barat. 



2. Terkait MTQ tingkat Provinsi NTB tahun 2021 Kota Bima ditunjuk sebagai Tuan Rumah. 3. Pelaksanaan STQ tahun 2021, sedianya dilaksanakan tahun 2020 di Kabupaten Dompu, akibat Pandemi Covid-19, maka pelaksanaan diambil alih oleh LPTQ Provinsi NTB, dan akan dilaksanakan di bulan April 2021. Di bulan Juli 2021 juga akan dilaksanakan STQ Tingkat Nasional di Maluku Utara. 



H. Ahmad juga menyampaikan, bahwa terkait persiapan pelaksanaan MTQ ke 28 di Kota Padang Sumatera Barat tersebut, Kota Bima akan melaksanakan TC bagi 5 Kafilah Kota Bima yang dinyatakan akan mewakili NTB bersama Kafilah lainnya, pada ajang MTQ Nasional tanggal 12 - 21 November 2021 di Kota Padang. 



Ia juga menjelaskan bahwa hasil MTQ tingkat Provinsi NTB tahun 2019 di Lombok Barat, menempatkan Kota Bima meraih Juara Umum dengan menggondol medali terbanyak. Meski demikian karena keterbatasan anggaran, tidak semua juara I pada saat itu diutus mengikuti MTQ tingkat Nasional ke 28 di Kota Padang, namun hanya 23 Peserta hasil seleksi LPTQ NTB yang akan diutus, ungkap H. Ahmad mengutip pernyataan Sekda NTB selaku Ketua Umum LPTQ NTB. 



Sementara Kota Bima sendiri, tambah H. Ahmad, akan mengirimkan 5 Peserta yang akan mewakili NTB di ajang MTQ Nasional  ke 28 di Kota Padang Sumatera Barat. Ke 5 peserta tersebut yakni : 1. Wulandari, Golongan 5 Juz tilawah, 2. Putri Jumiati, Golongan Cacat Netra (Canet) Putri, 3. Zuwaini, Golongan 30 Juz Putra, 4. Golongan Tafsir Bahasa Arab Putra dan 5. Golongan Tafsir Bahasa Arab Putri. 



Sementara itu, Kepala Biro Kessos Provinsi NTB, selaku Sekretaris Umum LPTQ NTB menyampaikan, bagi Peserta dari Kabupaten/ Kota yang akan mewakili NTB pada ajang MTQ Nasional ke 28 di Kota Padang, memberikan kewenangan kepada Kota/ Kabupaten masing-masing untuk melakukan TC lokal di daerahnya, sebelum dilaksanakan TC terpadu di Mataram. 



Untuk Kota Bima sendiri, menurut Kabag Kesra H. Ahmad, S.Ag, MM, TC akan disentralkan di Ponpes Al Husyaini Kota Bima, mulai 28 Oktober sampai 6 November 2020 dengan Pelatih Drs. H. Ramli Ahmad, M.AP dan HM. Adnin, SQ, M.Pd.I. sedangkan TC terpadu akan dilaksanakan pada tanggal 7 November sampai 10 November 2020 di Kota Mataram. Tanggal 11 November 2020 Kafilah NTB akan dilepas secara resmi oleh Gubernur NTB, dan tanggal 12 November 2020, Kafilah NTB akan bertolak menuju Kota Padang untuk mengikuti MTQ ke 28 Tingkat Nasional. 



H. Ahmad menambahkan, bahwa Kota Bima, mulai senin (27/10/2020) melaksanakan pemanggilan peserta TC. Ditawarkan juga untuk Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, agar TC dipusatkan di Kota Bima. Saya berharap atas nama Pemerintah Kota Bima dan LPTQ, semoga persiapan menghadapi MTQ Nasional ke 28 di Kota Padang bisa maksimal, dan semoga Putra dan Putri kita yang akan mewakili NTB di Tingkat Nasional ini, mampu eksis memberikan yang terbaik untuk Daerah kita, karena memang NTB, salah satu Provinsi yang diperhitungkan di even nasional. Mari kita berdoa semoga anak-anak kita tidak ada halangan, bisa tampil maksimal dan dapat meraih yang terbaik di Tingkat Nasional, tutup H. Ahmad. (BB,-01).