Polres Bima Gelar Simulasi PAM TPS Sehat Pengamanan Pilkada Kabupaten Bima.
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Polres Bima Gelar Simulasi PAM TPS Sehat Pengamanan Pilkada Kabupaten Bima.

Rabu, 25 November 2020




Bima, NTB, Bimabangkit.Info, -  Polres Bima  menggelar kegiatan simulasi dalam rangka pengamanan tempat pemungutan suara ( TPS ) sehat dalam tahapan pencoblosan pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020, yang bertempat di Lapangan apel Polres Bima , Kamis ( 26/11/20 ,pukul  09.30 wita) 

Dihadiri dan di saksikan oleh :  Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, Sik, Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tejo Wicaksono, Sik, Dandim 1608 Bima Letkol Inf.Teuku Mustafa Kamal, Ketua KPU Kabupaten Bima Imran, S.Pdi. SH, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah, SH, PJU Polres Bima.

Pasi Ops Pol PP Kabupaten  Bima Sahrul, S.Sos,  Danramil Jajaran Kodim 1608 Bima, Para Kapolsek Jajaran Polres Bima dan Polres Bima Kota yang masuk wilayah Pemerintahan Kab Bima ( Wawo,  Ambalawi, Wera, Sape, Lambu dan Langgudu) ,  Para Kanit Binmas Dan Kanit Intel Kam  Polsek Jajaran Polres Bima Dan Bima Kota, Babinsa jajaran Kodim 1608 Bima.


Sebelum  dilaksanakan  Simulasi Kapolres Bima menjelaskan  bahwa kegiatan simulasi  ini dalam rangka pengamanan TPS dalam tahapan Pilkada Bupati dan Bupati Bima tahun 2020 yang  akan dilaksanakan pada tanggal 9/12/ 2020 mendatang.

Situasi pengamanan TPS dalam pilkada nanti berbeda dengan pengamanan TPS sebelumnya karena saat ini dalam situasi Covid 19.

Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada petugas pengamanan TPS serta mengharapkan agar para Kapolsek dan Danramil dapat mensosialisasikan kepada personil yang bertugas di TPS dan beberapa aspek yang harus dilakukan oleh petugas pengamanan di TPS. Jelas  Kasubbag Humas AKP Hanafi.

Ketua KPU Kabupaten Bima menyampaikan apresiasi  kepada pihak kepolisian yang pelaksanaan kegiatan simulasi pengamanan TPS dalam Pilkada tahun 2020- 2021. Ucapnya.


Bahwa tugas KPPS yang harus dilaksanakan sebelum pencoblosan surat suara yang rencanannya akan dimulai pada pukul 07.00 s/d 12.00 wita.
Untuk pemilih yang suhunya di atas 37,3 °C harus diarahkan ke bilik khusus untuk mencoblos.

Setelah semua proses selesai kotak suara digeser kembali ke PPK untuk dilakukan rekapitulasi tingkat PPK yang dikawal oleh petugas pengamanan TPS jelasnya.


Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah SH menyampaikan bahwa dalam proses pencoblosan nanti harus dipastikan tidak berkerumun.

Pemilih tidak boleh membawa Handphone
Pemilih yang memaksakan diri untuk memilih tidak sesuai jadwal.

Apabila ada pemilih yang memaksakan untuk memilih tapi belum waktunya KPPS berkoordinasi dengan petugas pengamanan TPS yang akan mengamankan situasi dan kerawanan saat pergeseran peti suara selesai proses pencoblosan tegasnya.


Kapolres Bima Kota  menekankan kepada para kapolsek agar memastikan tempat penyimpanan logistik pemilu ditiap tiap wilayah masing masing dab juga memastikan petugas pengamanan TPS untuk mengawal seluruh proses pencoblosan Petugas jaga TPS tidak diperbolehkan masuk dalam TPS kecuali atas permintaan KPPS dan agar membantu petugas TPS untuk melakukan pengecekan protokol kesehatan di tiap tiap TPS. Tegasnya.


Pada kesempatan itu juga Dandim 1608 Bima meminta kepada para Danramil dan Kapolsek apabila ada hal yang perlu di pertanyakan agar langsung ditanyakan kepada pihak penyelenggara yaitu ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Bima.


Menekankan tidak ada toleransi waktu untuk pemilih yang datang tidak sesuai waktu dalam undangan.

Mendukung pihak penyelenggara dalam mensosialisasikan waktu pencoblosan yang tertera dalam undangan.

Petugas pengamanan TPS tetap menghimbau kepada para pemilih untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19.
Para ara Danramil dan Kapolsek agar melakukan pengecekan untuk keamanan tempat penyimpanan logistik pemilu. , " Ungkap  Akp Hanafi " 

Kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan kegiatan simulasi menggunakan standard Protokol Kesehatan , mulai dari Pengawalan Kotak dan Surat suara oleh KPPS, dengan di kawal oleh petugas Pam baik dari Polri, TNI dan petugas linmas  hingga selesai penghitungan Surat suara, setelah itu di lakukan Anev  dan tanya jawab, suara Simulasi berakhir pukul 11.10 wita.

Semoga masyarakat pemilih pada hari " H " Pencoblosan dapat menerapkan tata tertib protokol kesehatan  seperti yang di lakukan dalam Simulasi ini, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan sesuai harapan kita semua., harapnya ( BB,-01).