DPW LSM Kipang NTB Minta DPRD Bima Audit CV. Mitra Tani dan CV. Berkah Utama Diduga Biang Kerok Kelangkaan Pupuk
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Arsip Blog

DPW LSM Kipang NTB Minta DPRD Bima Audit CV. Mitra Tani dan CV. Berkah Utama Diduga Biang Kerok Kelangkaan Pupuk

Kamis, 07 Januari 2021


Ketua DPW LSM.Kipang NTB Budiman SH.

Bima Bimabangkit.info, - Penyaluran Pupuk Bersubsidi yang tidak tampak di masyarakat tani adalah Penyaluran Pupuk bersubsidi jenis SP36,Phonska,ZA,Organik  yang dilakukan oleh Distributor CV. Berkah Utama dan CV. Mitra Tani, diduga juga  biang kerok kelangkaan pupuk bersubsidi di kabupaten Bima, berdasarkan hasil investigasi  kami di sejumlah kecamatan di kabupaten Bima.

Dengan adanya persoalan tersebut kami dari DPW LSM Kipang NTB meminta kepada Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Bima dan KP3, agar segerah  memanggil untuk mengaudit khusus Distribustor Pupuk CV.Berkah Utama dan CV. Mitra Tani dan kedua CV. Tersebut adalah orang cina yang berdomisi di Bima. Hal tersebut disampaikan Ketua DPW LSM Kipang NTB, Budiman SH, pada media ini Kamis 7/1/2021.

Problem Pupuk bersubsidi di Kabupaten Bima,dari tahun ke tahun terus dibicarakan oleh masyaraka,  pasalnya Kebutuhan Pupuk Bersubsidi bagi masyarakat  merupakan hal yang sangat funda mental,ibaratnya sebagai kebutuhan pokok,karena masyarakat di kabupaten bima mayoritas petani.

Persolan yang terus timbul yang di hadapi oleh masyarakat Petani di Kabupaten Bima adalah Persoalan Tingginya Harga Pupuk Bersubsidi  jual di atas harga HET, yang diduga yang dilakukan oleh Distribustor pupuk CV. Berkah Utama dan CV. Mitra Tani.

Sementara masyarakat petani hanya tahu bahwa Pupuk bersubsidi hanya  jenis Urea saja Distributor pupuk  CV.Rahmawati  saja yang beralamat di kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Sedangka Pupuk Bersubsidi ada 5 Jenis yaitu Urea,SP36,Phonska,ZA dan Organik yang di jual oleh CV. Berkah Utama dan CV. Mitra Tani. Ujarnya.

Berdasarkan Data pengalokasian Pupuk bersubsidi Tahun 2020 yang di tetapkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunanan Kab.Bima dengan Nomor : 800.6/873/06.13/2020, tertanggal 4 Desember 2020 Tentang Alokasi Pupuk Bersubsidi Tahun 2020 Menurut Jenis Pupuk dan Sebaran Perkecamatan,bahwa jumlah Keseluruhan Pupuk Bersubsidi yang hadir di Kabupaten Bima Tahun 2020 adalah terdiri dari :
- Jumlah Pupuk Bersubsidi Jenis Urea = 39.433.00 Ton.
- Jumlah Pupuk Bersubsidi Jenis SP36,Phonska,ZA,Organik = 27.177.00 Ton.

Bahw penyaluran Pupuk bersubsidi tersebut bersumber dari 2 Perusahaan yaitu Perusahaan Pupuk Kaltim yang menyalurkan Pupuk Bersubsidi Jenis Urea dan  Perusahaan Petro Kimia Gresik menyalurkan pupuk Bersubsidi jenis SP36, Phonska,ZA,Organik. Ungkap Budiman.


Adapun Distributor Pupuk bersubsidi di 2 Perusahaan tersebut di Kabupaten Bima yaitu,  - CV. Rahmawati yang beroperasi di wilayah kecamatan Bolo,Donggo,Lambu,Madapangga, Sape,Soromandi, Woha.

CV. Lawa Mori  di wilayah kecamatan Palibelo dan Monta
CV. Langgam Tiga  di wilayah kecamatan  Langgudu.
CV. Rezeki Bima di wilayah kecamatan  Wera, Ambalawi dan Wawo, CV. Bintang Mas  di wilayah kecamatan Sanggar, Tambora CV. Wiratama di wilayah kecamatan  Parado, Lambitu, Lambu.
CV. Berkah Utama beroperasi di wilayah Belo,Donggo,Sape,Soromandi dan 
CV. Mitra Tani di wilayah kecamatan Bolo,Madapangga,Woha. jelasnya.( BB,-Red).

.