Sejumlah Rumah Warga Kelurahan Paruga Terendam Banjir
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Sejumlah Rumah Warga Kelurahan Paruga Terendam Banjir

Jumat, 01 Januari 2021


Kota Bima, Bimabangkit.Info, Diawal Tahun baru 2021  di Kota Bima sejumlah rumah warga berdekatan  bantaran sungai  hingga meluap di rumah warga lain di kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae Barat  terendam banjir  akibat  meluap air sungai  Padolo yang deras  pada Jumat 1/1/2021.


Adapun rumah warga  yang terendam banjir di wilayah kelurahan Paruga kecamatan Rasanae Barat Kota Bima yaitu Kampung Suntu, kampung Paruga, kampung Sigi,  dan kampung Bara.



Banjir tersebut meluap di dalam rumah warga dengan ketinggian sekitar kurang lebih 50 cm atau sampai lutut orang dewasa hingga meluap di jalan raya kelurahan setempat sekira pukul 16.35 Wita,
dan tak lama, kemudian sejumlah warga membersihkan sisa lumpur di dalam rumah warga masing masing dan sekitar halam rumahnya.


Pada kesempatan itu terlihat juga tim dari BPBD kota Bima dan sejumlah team TNI dan Polri memantau langsung dan melakukan pendataan  rumah warga yang terendam banjir di kelurahan Paruga dan sekitarnya dipantau langsung  tim media ini di lokasi.


Sahrul   warga Kelurahan Paruga menjelaskan  sebelumnya sekitar tadi siang pukul 12.49 wita intensitas hujan yang turun sangat deras di wilayah Kecamatan Wawo kabupaten Bima berdasarkan informasi dari  warga di Wawo, sehingga air turun dari wilayah pengunungan Wawo  hingga  ke sungai dan meluap ke rumah - rumah warga hingga kejalan raya di kelurahan setempat jelasnya.



Saat kami melihat air meluap dari sungai, kami langsung bergerak cepat untuk menyelamatkan barang yang kami miliki, bersama warga lain memindahkan barang yang ada  ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena banjir ujarnya.



Sebelumnya sekitar wilayah kota Bima tidak ada tanda turunnya hujan , namun secara tiba tiba datang banjir  di sungai  padolo hingga meluap air banjir di rumah warga yang dekat dengan  bantaran sungai  Ucapnya.



Ia berharap semoga kejadian seperti ini tidak akan terjadi lagi, karena trauma dengan kejadian  banjir yang  melanda kota bima pada tahun 2016 lalu bertepatan juga dengan tahun baru  Harapnya



Berdasarkan sejumlah  informasi dari masyarakat  yang  dihimpun  oleh tim media ini 

diketahui juga  sejumlah rumah di kelurahan lain di Kota Bima yang tinggal dipingiran  bantaran sungai juga terendam banjir  akibat luapan air banjir  dari  sungai  yang sama. Salah satunya di kelurahan Oi mbo kecamatan Rasanae Timur. ( BB,-01).