Kades Mandala Diduga Biang Kerok, Ambruk Tanggul Penahan Jalan di Dusun Saniu
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Kades Mandala Diduga Biang Kerok, Ambruk Tanggul Penahan Jalan di Dusun Saniu

Sabtu, 13 Februari 2021


Tanggul ambruk


Bima, Bimabangkit. Info,-  Pekerjaan fisik  tanggul  penahan bahu  jalan sepanjang 150 meter berlokasi di Dusun Saniu Desa Mandala Kecamatan Wera Kabupaten Bima dengan anggaran Rp. 120 juta bersumber dari anggaran Desa Tahun 2020 sudah ambruk dan longsor tanah disekitarnya akibat pekerjaan tidak berkualitas.


Jaim disapa  Intel  warga Desa Mandala saat dikonfirmasi media ini, Jumat 12/2/2021. mengatakan  Tanggul yang ambruk sehingga longsor tanah disekitarnya,  diduga biang kerok Kades Mandala Basrin,  karena mutuh pekerjaan tidak berkualitas dan tak memiliki pondasi.

Tanggul penahan bahu jalan yang kerjakan oleh pemerinta Desa tersebut kurang lebih 150 meter dengan anggaran sebanyak Rp. 120.juta sudah Sudah ambruk, nyaris menimpa rumah warga karena pekejaan tersebut tidak memenuhi 
sandar kualitasnya dan pekerjaan juga tidak sesuai dengan bestek, salah satunya  tidak memiliki pondasi.


Sampai saat ini Tanggul yang ambruk tersebut belum di perbaiki kembali, kami  sebagai  masyarakat sangat kecewa terhadap kepemimpinan kades  Mandala Basrin yang tidak perpihak pada kebutuhan rakyat hanya saja memanfaatkan jabatan untuk mencari keuntungan saja.Ungkapnya.


Dengan adanya kejadian tersebut kami sebagai warga Dusun Saniu  Desa Mandala  merasa resah dan sangat menghawatirkan longsor  susulan apalagi  saat ini  masih puncak musim hujan, dengan kejadian tersebut kami meminta tanggung jawab kepala Desa Mandala.


Selain itu, selama dua tahun lebih kepemimpinannya Kades Mandala juga tidak transpran terkait laporanan pertanggung jawaban  keuangan Desa. Ujarnya.


Dengan adanya dugaan yang merugikan keuangan Negara tersebut, kami selaku masyarakat akan segera melaporkan Basrin selaku Kades  kepihak Hukum terkait pekerjaan tersebut.Tegasnya.


Ia mengharapakan kepada Inspektorat Kabupaten Bima agar segera memanggil Kades  Mandala Kecamatan Wera untuk diperiksa terkait pekerjaan Tanggul penahan bahu jalan di Dusun Saniu, pihak pemerintah terkait juga harus melihat secara langsung  tanggul yang sudah ambruk dan longsor tersebut, sehingga pengguna jalan pun  mengkhawatirkan kecelakan akibat ambruknya tanggul dan  tanah pun sekitar itu juga sudah  longsor.Harapnya.




Sementara itu Camat Wera H.Ridwan S.Sos, Saat ditemui di kantornya menyampaikan bahwa sebelum Anggaran Dana Desa di kerjakan Kami sudah menghimbau kepada seluruh Kades  se kecamatan Wera agar  pekerjaan fisik  diutamakan kualitasnya terutama sekali pembangunan jalan dan talut di lokasi yang  dianggap rawan banjir bandang  sehingga pada musim hujan tidak mudah ambruk  Ungkap Camat.

Kalau dilihat dari  kondisi Tanggul yang sudah ambruk  dan longsor itu, sangat mengkhawatirkan longsor susulan apalagi saat ini ditengah puncak musim hujan, tentu banjir bandang akan menghantam rumah warga lagi  karena lokasi tersebut, pusat datangnya air  banjir bandang,  Kantor Camat Wera juga akan  menjadi sasaran banjir.


Jadi Kades harus cepat mengantisipasi kerusakan tersebut bila perlu segera datangkan excavator untuk  perbaikan jalan dan Tanggul yang ambruk itu,  agar masyarakat tidak Khawatir  dan takut terjadi longsor susulan. Ujar Camat.


Terkait hal itu team media ini menghubungi Kades Mandala melalui via handpone untuk diminta tanggapan tidak dapat dihubungi hingga berita ini diturunkan. ( BB,- Rafin).