Kades Ntoke : Anggaran Covid 19 Tahun 2021 Disesuaikan Dengan Keuangan Desa,
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Kades Ntoke : Anggaran Covid 19 Tahun 2021 Disesuaikan Dengan Keuangan Desa,

Rabu, 03 Februari 2021



Bima, Bimabangkit.info, Pemerintah Kecamatan Wera menggelar Rapat koordinasi dengan seluruh Kepala desa se kecamatan Wera  bertempat di aula Kantor Camat  setempat, Rabu 3/2/2021.




Pada kesempatan itu Kades Ntoke Muhidin
mengatakan terkait dengan anggaran covid  19 untuk tahun 2021 ini 
tentu harus disesuaikan dengan kesiapan  anggaran keuangna desa, namun  tak boleh  juga dipaksa. Kata Kades.


Sementara Peraturan Mentri Keuangan (PMK) RI nomor 222 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana desa tahun 2021, pada Pasal 39 ayat (1) disebutkan Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa, dan pada pasal 39 ayat (6) disebutkan besaran BLT Dana Desa sebesar Rp. 300.000,- ( Tiga Ratus Ribu Rupiah ) untuk bulan pertama sampai dengan bulan ke dua belas per keluarga penerima manfaat.

Sedangkan pemerintah pusat mengalokasikan dana desa di 14 des di kecamatan wera kabupaten Bima 
baik melalui  ADD, maupun DDA hanya mencapai Rp 22.meliyar Lebih, termasuk didalamnya anggaran  pemberdayaan aparatur desa sampai ke gaji guru ngaji dan kader pos yandu dan kegiatan lain yang ada di desa, pembangunan yang berbentuk  fisik dan non fisik.Ungkap Kades Ntoke.


Selain itu  juga  Muhidin mengungkapkan bahwa pekerjaan pembanguna buka jalan ekonomi untuk memudahkan transportasi hasil tani masyarakat Desa  Ntoke akan dilaksanakan di tahun 2021 ini, hal itu dilakukan sesuai dengan Rencana Kegiatan Pembangun Desa RKPDes desa Ntoke. Ujar Kades.


Sementara itu Camat Wera H.Ridwan S.Sos, mengharpakan kepada kades yang belum  menyelesaikn penyusunan LKPDes sebagai kewajiban  agar diselesaikan  supaya  bisa melaksanakan  kegiatan  pembanguna fisik dan non fisik, di tahun 2021 ini. Harap Camat.


Hal itu dilakukan juga untuk memenuhi pelayanan dan kebutuhan masyarakat di desa masing masing sehingga roda pemerintah pun berjalan dengan baik  sesuai dengan amanat Undang Undang tentang pelayanan pemerintah desa.Terangnya.( BB,-Rafin).